Menu

Mantap! 4 Jenis Olahraga Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi Usai Lebaran, Mau Coba?

09 Mei 2022 10:00 WIB

Ilustrasi yoga (Pexel/Cottonbro)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan usai merayakan hari lebaran. Pasalnya, banyak makanan saat lebaran yang bisa memicu naiknya kadar kolesterol jahat.

Tingginya kadar kolesterol jahat tentu harus segera diatasi dengan tepat supaya enggak menimbulkan masalah komplikasi kesehatan lainnya yang lebih berbahaya.

Melansir dari laman health.clevelandclinic.org, kamu bisa mengatasi kolesterol tinggi dengan berbagai cara, salah satunya dengan berolahraga.

Berikut ini beberapa olahraga yang efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Yoga

Yoga menjadi salah satu olahraga yang efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi. Untuk mendapatkan manfaat kardiovaskular, kamu perlu meningkatkan detak jantung.

Yoga juga bagus untuk meningkatkan fleksibilitas, melatih otot dan mental, serta meningkatkan kualitas tidur. Paduk dengan kardio sebagai pemanasan.

Bersepeda

Bersepeda juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bersepeda dapat membakar kalori sebanyak jogging, tapi lebih mudah karena enggak membebani lutut.

Jalan cepat atau jogging

Jalan cepat atau jogging di sekitar rumah bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Enggak hanya menurunkan kolesterol, tapi juga bisa menurunkan tekanan darah.

Berenang

Berenang juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah kolesterol yang dimiliki. Berenang juga baik untuk kesehatan jantung secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa olahraga yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Semogaa bermanfaat!