Menu

Wajib Tahu! Ternyata Ini 6 Penyebab Wanita Nggak Subur, Hmmm....

09 Mei 2022 13:00 WIB

Ilustrasi wanita yang baru melakukan test pack kehamilan (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sudah menikah bertahun-tahun, tapi belum juga memiliki anak bisa jadi salah satu satu kedua pasangan suami istri punya masalah reproduksi alias mandul. Penyebab wanita tidak subur bisa beragam, tapi paing umum adalah terkait dengan gangguan siklus menstruasi.

Melansir dari Healthline, Senin (9/5/2022), seorang wanita dikatakan tidak subur jika setelah satu tahun berhubungan seksual dengan pasangan tapi belum juga hamil. Lantas, apa saja penyebab wanita tidak subur?

1. Masalah ovulasi

Wanita tidak subur biasanya memiliki masalah ovulasi yang ditandai dengan siklus menstruasi yang nggak teratur atau bahkan tidak ada. Ovulasi sendiri merupakan proses pelepasan sel telur yang telah matang dari dalam rahim menuju tuba falopi untuk dibuahi.

Nah, jika menstruasi yang tidak teratur atau tidak ada, maka ini menunjukkan bahwa ovulasi mungkin tidak teratur atau tidaka da juga. Jika menstruasimu bermasalah, jangan segan periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

2. Sindrim ovarium polikistik (PCOS)

Saat ovulasi, ovarium menghasilkan folikel. Masing-masing folikel matang ini nantinya akan melepaskan telur. Namun, pada PCOS folikel gagal matang, malah membentuk kista kecil di pinggiran ovarium.

Artinya, ovulasi dan menstruasi wanita tak teratur dan tidak terjadi sama sekali. Hal inilah yhang mengakibatkan kemandulan pada wanita.

3. Masalah dengan saluran tuba falopi

Tuba falopi yang tersumbat atau terluka dapat menghambat kemajuan sel telur sehingga mencegahnya bertemu dengan sperma. Kondisi inilah yang membuat Beauty mengalami kemandulan.

4. Masalah dengan rahim

Sel telur yang telah dibuahi sperma menempel (implan) di lapisan rahim untuk berkembang menjad janin. Namun, ada beberapa masalh rahim yang dapat menghambat implantasi tersebut, seperti:

  • Fibroid, yaitu tumor tidak ganas di dalam rahim
  • Polip, yakni pertumbuhan berlebih dari endometrium yang bisa dipicu oleh adanya fibroid.

5. Masalah dengan serviks

Beberapa wanita memiliki lendir serviks yang kental dan bisa menghambat sperma masuk untuk membuahi sel telur. Alhasil, waita yang memiliki kondisi ini menjadi tidak subur.

6. Endometriosis

Endometriosis merupakan suatu kondisi di mana sel-sel dari lapiasan rahim (endometrium) bermigrasi ke bagian lain dari panggul. Kondisi ini dapat merusak saluran tuba falopi dan ovarium, serta memengaruhi pergerakan sel telur dan sperma.

Bahkan kalau saluran tuba dan ovarium tidak rusak, endometriosis dapat memengaruhi pembuahan, pertumbuhan embrio dan implantasi.

Itulah beberapa kondisi yang bisa membuat Beauty mengalami kemandulan. Selain beberapa penyebab di atas, ada pula faktor risiko yang bisa membuat Beauty tidak subur, seperti:

  • Bertambahnya usia
  • Merokok
  • Mengonsumsi alkohol berlebihan
  • Obesitas 
  • Mengidap infeksi menular seksual (IMS) tertentu yang bisa merusak sistem reproduksi

Artikel Pilihan