Menu

Tekanan Darah Tetiba Meroket? Tenang, 3 Obat Ini Bisa Jadi Solusinya, Catat Ya!

13 Mei 2022 15:30 WIB

Ilustrasi kumpulan obat. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Tekanan darah tinggi atau hipertensi harus ditangani dengan serius. Pasalnya, jika dibiarkan, hipertensi bisa menjadi pemicu komplikasi masalah kesehatan yang berbahaya.

Nah, jika tekanan darahmu tiba-tiba naik, maka kamu harus mencari cara untuk mengatasinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat-obatan.

Melansir dari Mayo Clinic, berikut ini tiga jenis utama obat darah tinggi diuretik yang bisa kamu konsumsi. Yuk, simak baik-baik, ya!

Thiazide

Obat hipertensi diuretik jenis thiazide bekerja dengan mengurangi jumlah natrium dan air dalam tubuh. Thiazide merupakan satu-satunya jenis diuretik yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

Contoh obat thiazide, seperti chlorthalidone (Hygroton), chlorothiazide (Diuril), hydrochlorothiazide (Hydrodiuril, Microzide), indapamide (Lozol), metolazone (Zaroxolyn).

Potassium-sparing

Obat penurun tekanan darah diuretik jenis potassium-sparing membantu mengurangi jumlah air dalam tubuh dengan mempercepat proses diuresis (buang air kecil). Namun, berbeda dengan jenis diuretik lainnya, obat ini bekerja tanpa membuang kalium dari dalam tubuh.

Contoh obat potassium-sparing, seperti amiloride (Midamor), spironolactone (Aldactone), triamterene (Dyrenium).

Diuretik loop

Obat hipertensi ini merupakan jenis diuretik yang paling kuat apabila dibandingkan dengan jenis lainnya.

Diuretik loop bekerja dengan cara membuang garam, klorida, dan kalium, sehingga semua zat tersebut akan terbuang melalui urin, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Contoh obat diuretik loop, antara lain bumetanide (Bumex), furosemide (Lasix), torsemide (Demadex).

Nah, itulah beberapa obat yang bisa kamu minum saat tekanan darah meroket. Semoga bermanfaat!

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.