Menu

Jangan Asal Endorse Selebgram! 3 Tips Sukseskan Bisnis Lewat Influencer Marketing

31 Mei 2022 17:50 WIB

ShopeePay Talk mengadakan diskusi bertajuk ‘Trik Startegis Kembangkan Bisnis dengan Influencer’ (Press Release)

HerStory, Medan —

Tentunya kita gak asing dengan promosi yang dilakukan oleh influencer di media sosial, bukan? Menyasar ke para konsumen, public figure media sosial kerap dijadikan sebagai jembatan banyak brand untuk memasarkan produknya.

Gak hanya bisnis skala besar, bisnis kecil dan menengah pun kini mulai memanfaatkan strategi marketing satu ini berkat akses serta kesempatan luas yang tersedia di media sosial. Kiat ini ternyata gak sembarangan untuk dilakukan, lho.

Jelang pertengahan tahun, ShopeePay Talk mengadakan diskusi bertajuk ‘Trik Startegis Kembangkan Bisnis dengan Influencer’ pada hari ini (31/5/2022). Bincang kali ini diisi oleh narasumber informatif yaitu perwakilan brand serta ahli pemasaran.

Ada dua narasumber yang berkecimpung langsung dalam perencanaan dan eksekusi strategi influencer marketing, yaitu Reina Devianti Triswan, Head of Marketing Rollover Reaction & Alchemist Fragrance dan Galih Ruslan, Owner of Kylafood. Episode ShopeePay Talk kali ini juga mengundang Desy Bachir, Digital Marketing Professional and CMO of Samara Media & Entertainment yang membagikan insight cara memaksimalkan kerja sama dengan influencer. 

Para narasumber membagikan tips sukseskan bisnis lewat influencer marketing yang wajib banget kamu coba. Dengan cari ini, besar kemungkinan produk atau jasa yang kamu tawarkan akan di lirik oleh target pasar yang tepat.

Yuk, simak tips selengkapnya dalam artikel berikut ini, Senin (31/5/2022).

Pilih influencer yang sesuai dengan nilai yang dimiliki oleh brand

Kunci memilih influencer berpaku pada tujuan dari kolaborasi tersebut dan melihat lebih dalam lifestyle yang ditunjukkan influencer di media sosialnya. Selain itu, membangun pondasi trust yang kuat juga penting untuk menambah keterikatan dengan audiens.

“Sekarang ini audiens sudah lebih peka untuk membedakan mana konten yang disponsori oleh brand maupun yang tidak. Oleh karena itu, penting bagi brand untuk memilih influencer yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan tujuan komunikasi brand dan target audiens agar pesan dapat tersampaikan dengan baik,” terang Desy Bachir.

Tak melulu endorse, brand juga bisa melakukan inisiatif seru lainnya bersama influencer

Dalam menjalankan strategi pemasaran bersama influencer, brand dapat mengeksplorasi berbagai kegiatan yang sesuai dengan objektif, mulai dari ulasan produk, kampanye, hingga merilis produk kolaborasi bersama sang influencer.

“Kolaborasi tersebut juga dilakukan untuk sama-sama memberikan manfaat tidak hanya untuk brand, tapi juga untuk influencer itu sendiri, karena dapat meningkatkan kredibilitas serta kepercayaan dari konsumen terhadap keduanya,” lanjut Reina.

Pemanfaatan influencer untuk bisnis kecil melalui story telling yang engaging

Dengan kesempatan dan fasilitas yang terbuka lebar, bisnis kecil dan menengah pun kini bisa mengembangkan bisnisnya dan bersaing dengan pasar melalui strategi influencer marketing ini. Tentunya, para UMKM dapat menyesuaikan dengan budget pemasaran yang dimiliki.

Menurut Desy Bachir, para influencer mikro atau nano yang memiliki followers mulai dari 1.000 juga memiliki dampak yang besar jika dibalut dengan story telling yang engaging. Tak hanya itu, influencer mikro atau nano juga memiliki engagement yang lebih tinggi dan lebih dipercaya oleh para followers-nya karena kebanyakan followers mereka adalah teman atau circle mereka sendiri. Apa pun strategi yang dilakukan, brand perlu merujuk kembali kepada tujuan dan consumer insight yang ada.

“Sebagai pebisnis, kita pun harus jeli dalam melihat tren agar bisa mengemasnya menjadi sebuah konten yang unik. Selain itu, melihat banyaknya food vlogger yang ada sekarang, UMKM juga direkomendasikan untuk meminta ulasan yang jujur dari mereka,” Galih Ruslan.

“Di Kylafood sendiri, kami menghargai dan bersyukur untuk tiap review organik yang kami terima. Sebagai bentuk apresiasi, kami pun mengemasnya menjadi konten “Review Selebgram” untuk memberikan rekomendasi kepada calon pembeli maupun mempertahankan pelanggan setia,” ungkapnya.

Artikel Pilihan