Menu

Beauty, Ini 3 Kebiasaan baik Biar Asam Lambung Gak Kambuh

07 Juli 2022 08:36 WIB

Ilustrasi mual. (Healthline/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Apakah Beauty mengidap asam lambung? Kondisi ini biasanya ditandai dengan berbagai gejala gangguan pencernaan, seperti mulas, kembung, mual, hingga panas di dada atau yang sering disebut dengan heartburn.

Tentu saja hal ini bisa mengganggu aktivitas harian. Lalu, bagaimana cara mencegah biar asam lambung gak lagi kambuh? Nah, berikut ada tiga kebiasaan baik yang dapat mencegah penyakit asam lambung kambuh, antara lain:

1. Makan pelan-pelan

Tak hanya pilihan makanan, kebiasaan makan menjadi kunci penting dari keberhasilan pencegahan sakit maag. Mengunyah makanan pelan-pelan membantu sistem pencernaan saat mengurai makanan, Beauty.

Bila makanan yang masuk nggak lembut, lambung mungkin bekerja lebih keras untuk mencerna dan menyerap semua vitamin, mineral, dan asam amino penting.

2. Jangan berbaring atau tidur setelah makan

Sudah bukan rahasia umum lagi bila tidur setelah makan besar sangat tak dianjurkan karena dapat memicu asam lambung naik. Asam lambung yang naik pada akhirnya dapat memicu gejala maag lainnya, seperti heartburn atau rasa panas di dada.

Usahakan untuk meluangkan waktu sekitar 2–3 jam sebelum tidur. Pastikan pula duduk tegak selama 30 menit setelah makan. Bila memungkinkan, cobalah untuk menghindari makan porsi besar mendekati jam tidur guna mencegah maag kumat.

3. Mengurangi konsumsi obat pereda nyeri tanpa resep

Obat pereda nyeri, seperti obat anti-inflamasi non-steroid, ternyata memiliki efek meningkatkan produksi asam lambung, lho Beauty. Tak heran bila orang yang kerap mengonsumsi obat ini berisiko mengalami nyeri ulu hati, sehingga penggunaan obat ini sebaiknya atas nasihat dokter.

Selain itu, berhati-hati pula dalam minum jamu karena produk jamu seringkali mengandung senyawa obat ini.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari