TikTok luncurkan program “Jelajah #SerunyaIndonesia” (Press Release/TikTok)
Menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 tahun, TikTok meluncurkan kampanya #SerunyaIndoneisa. Program perjalanan wisata bertajuk "Jelajah #SerunyaIndonesia" ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan online travel agent (OTA) pertama di Indonesia, tiket.com.
Menggandeng kreator TikTok Canny Claudia (@cannyclau), Firly Adhyatma Rusli (@firlyafro), Melani Amelia (@namakuamel_racosta) dan Nanda Setya Pratama Juanda (@itingsmeledak), TikTok melakukan siaran langsung selama 77 jam untuk mengeksplorasi 77 destinasi wisata di Indonesia.
Dalam peluncuran program “Jelajah #SerunyaIndonesia” Menuju Hari Kemerdekaan RI ke-77 yang dilangsungkan secara virtual, Firnandi Gufron, Plh. Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf menjelaskan bahwa kampanye ini sejalan dengan solusi solusi berkelanjutan pengembangan parekraf global yang masuk dalam lima line of action (pilar aksi) agenda Presidensi Tourism Working Group G20 Indonesia.
“Kami berharap lewat program kolaborasi bersama TikTok ini, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif bisa mendapatkan inspirasi baru dalam meningkatkan kemampuan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi yang baik, demi pariwisata Indonesia yang lebih maju, khususnya di lima destinasi prioritas yang masuk dalam rute perjalanan Jelajah #SerunyaIndonesia ini," ungkapnya.
Jelajah #SerunyaIndonesia ini akan dibagi menjadi empat grup jelajah dan melibatkan empat kreator Canny Claudia, Firly Adhyatma Rusli, Melani Amelia dan Nanda Setya Pratama Juanda yang kerap berbagi inspirasi destinasi wisata di TikTok. Masing-masing grup akan melaksanakan penjelajahan selama 10 hari.
Grup pertama akan memulai penjelajahan di kota Aceh dan berakhir di Pontianak, grup kedua dimulai dari Samarinda dan berakhir di Yogyakarta, grup ketiga dari Manado dan berakhir di Ambon, sementara grup keempat akan memulai jelajah dari Merauke dan berakhir di Bali. Setelah 10 hari penjelajahan berakhir, keempat grup akan kembali berkumpul merayakan Festival #SerunyaIndonesia di Jakarta.
Tak hanya menjelajah berbagai wilayah di Indonesia, program ini juga akan mendukung pemberdayaan kreator daerah dan lokal, melalui program "Serunya On The Road (SOTR)" di tiga kota, yaitu Semarang, Bali, dan Medan. Program ini bertujuan untuk membuka peluang dan memberdayakan ekonomi kreator di Indonesia, sehingga siapa pun dapat ikut mempromosikan wisata Indonesia dengan cara yang kreatif dan menyenangkan.
"Ragam konten oleh para kreator yang secara aktif berbagi rekomendasi kuliner khas nusantara, wisata daerah yang terkenal, hingga rekomendasi wisata baru sebagai "hidden gem" lewat video di TikTok, menjadikan konten wisata dan travel berkembang pesat dan menjadi bagian dari lima konten teratas di Indonesia," kata Agung Pamungkas, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia.
Sebagai bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia, TikTok juga akan menghadirkan program pemberdayaan UKM #MajuBarengTikTok untuk turut berkontribusi dalam pemulihan ekonomi, serta Festival #SerunyaIndonesia untuk merayakan 77 tahun kemerdekaan dalam keberagaman dan persatuan Indonesia.