Menu

Gak Banyak yang Tahu, Ini Lho 4 Manfaat Beras Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh! Ampuh Banget Hempas Penyakit Kronis Sejak Dini!

17 November 2022 19:25 WIB
Gak Banyak yang Tahu, Ini Lho 4 Manfaat Beras Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh! Ampuh Banget Hempas Penyakit Kronis Sejak Dini!

Beras Hitam. (Pixabay/roc zhang)

HerStory, Jakarta —

Mungkin untuk beberapa orang beras hitam masih sangat asing untuk dikonsumsi. Padahal, beras tersebut sangat enak untuk dikonsumsi berbagai macam makanan lho Moms!

Seperti namanya, beras ini biasanya berwarna hitam namun apabila sudah dimasak warnanya akan mulai berubah menjadi keunguan.

Munculnya warna hitam pada beras ketan hitam ini menandakan kalau bahan pangan ini mengandung banyak antosianin. Lantas apa itu antosianin? Ini adalah pigmen antioksidan yang juga terdapat pada sayuran terong atau buah blueberry. Tak hanya antioksidan, ketan hitam juga mengandung beberapa nutrisi seperti zat besi, protein, karbohidrat, dan juga serat. 

Dirangkum dari alodokter, berikut ini adalah beberapa manfaat beras ketan hitam untuk kesehatan yang jarang orang ketahui.

1. Baik untuk daya tahan tubuh

Manfaat ketan hitam bagi tubuh adalah bisa memperkuat daya tahan atau imunitas karena adanya kandungan senyawa antosianin. Seperti dalam sebuah penelitian, ketan hitam ini mempunyai kemampuan dalam menjaga daya tahan tubuh lebih baik dari pada beras merah. Selain dapat memperkuat imunitas, antosianin juga bisa melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Baca Juga: Enggak Nyangka! Bad Mood Bisa Jadi Sinyal Kalau Kamu Idap Penyakit Mematikan Ini

Baca Juga: Ngeri! 5 Penyakit Mematikan Ini Bisa Membunuh Kaum Hawa

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza