Menu

Murah dan Gampang Dicari, Ini 4 Alasan Tempe Jadi Makanan Sehat dan Bergizi! Cuss Rutin Konsumsi...

23 November 2022 11:45 WIB
Murah dan Gampang Dicari, Ini 4 Alasan Tempe Jadi Makanan Sehat dan Bergizi! Cuss Rutin Konsumsi...

Tempe mendoan (Instagram/dapurbekal)

HerStory, Jakarta —

Seperti yang sudah diketahui, tahu dan tempe adalah salah satu sumber protein nabati yang banyak digemari.

Bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai fermentasi ini rupanya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh yang gak boleh kamu lewatkan lho Beauty terlebih jika kamu adalah seorang vegetarian.

Kaya akan nutrisi dan protein, apa saja sih manfaat tempe untuk kesehatan?

Merangkum Healthline, berikut adalah empat alasan tempa menjadi makanan yang sehat dan bergizi.

1. Banyak Nutrisi

Mungkin jarang orang yang mengetahui ataupun ingin tahu dengan kandungan yang ada di dalam tempe. Ternyata tempe memiliki profil nutrisi yang mengesankan. Tempe memiliki kandungan protein yang tinggi vitamin dan juga mineral, tetapi rendah sodium dan karbohidrat. Tempe juga merupakan sumber kalsium bebas susu yang baik. Kandungan lainnya, seperti zat besi, mangan, fosfor, dan magnesium.

2. Pengaruhi Mikrobiota Usus

Makanan fermentasi yang dipasturisasi mungkin mengandung probiotik yang merupakan bakteri menguntungkan yang dapat memberikan manfaat kesehatan saat dimakan. Fermentasi adalah sebuah proses di mana bakteri dan ragi memecah gula. Studi telah menemukan bahwa prebiotik meninggalkan pembentukan asam lambung rantai pendek di usus besar ini termasuk butirat yang merupakan sumber utama dari sel-sel yang melapisi usus besar. Beberapa bukti juga menunjukkan suplemen prebiotik menyebabkan perubahan menguntungkan pada mikrobiota usus penelitian telah memberikan hasil yang beragam, beberapa mengaitkan asupan prebiotik dengan peningkatan frekuensi buang air besar, pengurangan peradangan, dan peningkatan memori.

Baca Juga: Bahaya! Kelebihan Protein dapat Mengganggu Kesehatan, Kok Bisa Ya?

Baca Juga: Sering Merasa Lapar? Bisa Jadi Akibat Kurang Konsumsi Protein! Ini Penjelasannya...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza