Menu

Dijamin Segar Pas Bangun, Ini 6 Tips yang Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak! Sudah Pernah Coba yang Mana?

24 Januari 2023 22:10 WIB
Dijamin Segar Pas Bangun, Ini 6 Tips yang Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak! Sudah Pernah Coba yang Mana?

Ilustrasi seorang wanita yang sedang tidur (Freepik/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hal yang paling krusial dan penting dilakukan dalam kegiatan sehari-hari adalah tidur. Dengan tidur, kamu bisa mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas. Maka dari itu, menjaga pola tidur dan kualitasnya sangatlah penting untuk dilakukan.

Seiring bertambahnya usia, kamu akan merasa dan sering menemukan bahwa total waktu tidur terbaik bagi orang dewasa adalah rata-rata 6-9 jam per hari, jika dilihat dari sudut pandang kesehatan. Studi yang dilakukan oleh British Medical Journal menjelaskan bahwa individu yang tidur selama 7 jam semalam akan membuat hidup lebih lama.

Tantangan terbesar bagi kamu yang sulit tidur nyenyak di malam hari adalah kurangnya perencanaan untuk tidur malam yang lebih baik. Kamu harus berusaha dan mengambil langkah untuk mencapai total waktu tidur selama 7 jam di setiap malam. Hal ini akan memberi kamu jumlah istirahat yang optimal dan kamu bisa mempersiapkan diri untuk hari yang akan datang. Merangkum dari situs Real Men Real Style melalui sindikasi konten Suara.com, berikut 6 tips yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Simak yuk Beauty!

1. Singkirkan gangguan ponsel

Meletakkan ponsel atau perangkat lain di dekat tempat tidur bisa membuat kamu memeriksanya sepanjang malam ketika kamu sulit tidur. Jika kamu menerima pemberitahuan dari sosial media di ponsel kamu pada tengah malam, layar ponselmu akan menyala, mengeluarkan suara, atau bahkan bergetar, dan itu bisa membuat kamu memeriksanya karena merasa terganggu.

Sebaiknya, cobalah untuk menempatkan ponsel atau perangkat lain yang mengganggu ini jauh dari tempat tidur kamu. Jika itu tak berhasil, kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan mode senyap atau menonaktifkan ponsel kamu di antara jam-jam tertentu. Hal ini memungkinkan kamu agar tak terganggu oleh pesan yang masuk saat jam tidur malam kamu.

2. Batasi asupan kafein

Secangkir kopi di pagi hari bisa membantu kita lebih siap dalam beraktivitas. Namun, minum kopi di sore hari untuk mencegah rasa ngantuk setelah beraktivitas seharian itu bisa memengaruhi kualitas tidur kamu di malam hari. Kopi diketahui mengandung kafein, di mana kafein ini berperan sebagai stimulan pada tubuh yang bisa membuat kamu tetap terjaga di malam hari.

Aturan praktisnya, mengutip dari situs Sleep, kamu tak boleh mengonsumsi kafein dalam waktu 8-10 jam sebelum tidur, karena ini bisa membuat kamu kesulitan untuk tidur. Sebaiknya, cobalah untuk membatasi asupan kafein kamu secara keseluruhan dan mencoba minuman alternatif lain seperti air mineral.

Baca Juga: Susah Tidur? Sederet Cara Efektif Mengatasi Insomnia Tanpa Obat, Patut Dicoba!

Baca Juga: Nikmat dan Tetap Sehat, Ini 9 Posisi Seks yang Bakar Banyak Kalori! Cuss Dicoba, Tunggu Apa Lagi Moms?!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza