Menu

5 Gejala Awal Kanker Paru-paru yang Sering Disepelekan, Nomor 3 Gak Nyangka Banget!

25 Januari 2023 08:50 WIB
5 Gejala Awal Kanker Paru-paru yang Sering Disepelekan, Nomor 3 Gak Nyangka Banget!

Ilustrasi kanker paru-paru (Freepik/brgfx)

HerStory, Bekasi —

Kanker paru-paru diketahui menyumbang sekitar 19 persen dari total kematian terkait kanker di seluruh dunia setiap tahunnya.

Pada tahap awal, biasanya sulit untuk mengidentifikasi tanda-tanda kanker paru-paru, karena ada beberapa ujung saraf di paru-paru yang memudahkan sel-sel kanker untuk tumbuh tanpa menimbulkan gejala apapun.

Itu sebabnya, kanker paru seringkali gak terdeteksi sampai kondisinya mencapai stadium lanjut. Namun, ada beberapa gejala awal yang terlihat di awal, meski jarang disadari.

Mengetahui gejala-gejala ini sangat penting bagi mereka yang rentan terhadap penyakit mematikan ini. Berikut gejala awal kanker paru-paru yang jarang diketahui, yang dilansir dari Times Of India.

1. Batuk Terus-Menerus

Seseorang mungkin mengalami batuk karena pilek atau flu. Namun pada kedua kondisi tersebut, batuk gak berlangsung lebih dari sepuluh hari. Bagi mereka yang menderita kanker paru-paru, batuk bisa jadi gejala, di mana mereka mungkin batuk terus-menerus tanpa alasan apapun sepanjang tahun.

Meskipun batuk adalah cara untuk menghentikan partikel asing memasuki saluran udara dan paru-paru, batuk kronis adalah tanda utama kanker paru-paru.

2. Sesak napas

Ketika sel-sel kanker mulai berkembang biak dengan kecepatan tinggi di paru-paru, mereka memblokir saluran udara atau mempersempitnya, sehingga mengurangi aliran udara ke paru-paru.

Hal ini mempersulit orang tersebut untuk menghirup sejumlah udara yang diperlukan untuk diangkut ke seluruh bagian tubuh, membuat orang tersebut merasa terengah-engah, misal setelah menaiki tangga.

3. Suara serak

Kanker paru-paru juga dapat mengubah suara seseorang sehingga terdengar serak. Itu bisa terjadi seiring waktu. Jadi, jika kamu melihat ada perubahan pada suaramu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sedini mungkin. Namun, kanker paru-paru bukan satu-satunya alasan suara kamu berubah. Jadi, jangan panik dulu, dan dapatkan diagnosis dari dokter untuk konfirmasi.

4. Sakit badan

Nyeri tubuh adalah masalah kesehatan umum yang sering diabaikan. Ada banyak alasan mengapa tubuh terasa sakit, misal akibat duduk terlalu lama atau setelah sesi olahraga berat. Tapi, mereka yang menderita kanker paru-paru mungkin mengalami rasa sakit di dada, bahu, atau punggung.

5. Penurunan Berat Badan Dan Kelelahan

Penurunan berat badan sebanyak empat kilo atau lebih dalam waktu yang singkat, bisa menjadi indikasi masalah kesehatan, salah satunya adalah kanker paru-paru. Pertumbuhan sel kanker dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, sehingga akhirnya menyebabkan penurunan berat badan. Selain penurunan berat badan, tanda gejala kanker paru-paru juga menyebabkan seseorang merasakan kelelahan.

Baca Juga: Asam Urat Hingga Kanker Auto Ambrol, 5 Manfaat Rebusan Daun Binahong Tak Bisa Disepelekan Moms! Terakhir Bikin Wanita Bahagia

Baca Juga: Sama-sama Menyerang Saluran Napas, Ini Perbedaan Utama Gejala Kanker Paru dan Covid-19 yang Perlu Diperhatikan, Please Jangan Sepelekan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.