Menu

Lika-Liku Perjalanan Bisnis Sambal Bu Rudy: Dari Pelarian hingga Sukses yang Gak Disengaja

04 Mei 2023 19:00 WIB
Lika-Liku Perjalanan Bisnis Sambal Bu Rudy: Dari Pelarian hingga Sukses yang Gak Disengaja

Bu Rudy, Juragan Sambal Asal Surabaya (Phaksy Sukowati/Kumparan)

HerStory, Jakarta —

Beauty, tentunya kamu sudah gak asing sedang Sambal Bu Rudy, bukan? Ini merupakan bisnis yang dirintis oleh wanita asal Surabaya, Lanni Siswandi atau dikenal dengan Bu Rudy. 

Gak hanya dikenal orang arek-arek Suroboyo, sambal rintisan Bu Rudy ini sangat terkenal di Indonesia. Berkat rasanya yang cocok sangat lokal, sambal Bu Rudy ini sangat digemari banyak orang. 

Bisnis Sambal Bu Rudy ini memang sangat terkenal. Namun, gak disangka bahwa sambal bukanlah bisnis pertama wanita kelahiran tahun 1953 ini. 

Nah, kali ini HerStory akan mengajak kamu untuk menelusuri perjalanan bisnis Bu Rudy. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, Beauty!

Baca Juga: Resep Sambal Bawang Ala Bu Rudy, Seenak Itu, Bikin Nafsu Makan!

Luntang-Lantung saat Insiden G30S-PKI

Pecahnya insiden Gerakan 30 September pada tahun 1965 membuat Bu Rudy luntang-lantung akibat kericuhan yang terjadi. Akibatnya ia gak mampu menyelesaikan pendidikan sekolah dasar kala itu. 

Informasi ini dibocorkan oleh Bu Rudy saat menjadi narasumber dalam podcast bersama Wakil Walikota Surabaya, Armuji, pada tahun 2021 lalu. 

Awalnya Armuji mengira bahwa kemampuan Bu Rudy dalam membuat sambal merupakan buah manis dari pendidikannya dibidang masak-memasak. Gak disangka, rupanya Bu Rudy hanya meduduki pendidikan formal sampai kelas 3 SD. 

“Aduh, SD kelas telu (3), Pak,” ungkapnya dalam podcast yang diunggah pada kanal YouTube Armuji. 

Ia mengaku bahwa kehidupannya di tahun 1965 sangat sulit sebab harus melakukan pelarian demi keamanan diri. 

Baca Juga: Wanita Sukses Punya 3 Ciri-ciri Ini, Kamu Salah Satunya Beauty?

Baca Juga: Rutinitas Wanita Sukses, Lakukan 4 Hal Ini untuk Hidup Independen, Nomor 3 Penting Banget Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: