Menu

Mujarab! 5 Khasiat Kangkung yang Baik untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Penyakit Jantung

22 Juli 2023 17:30 WIB
Mujarab! 5 Khasiat Kangkung yang Baik untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Penyakit Jantung

Daun Kangkung. (Pexels/Laudia Tysara)

HerStory, Jakarta —

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang mudah ditemukan di Indonesia. Sayuran ini rupanya memiliki khasiat baik untuk kesehatan lho, Moms.

Selain rasanya yang nikmat, ada kandungan penting dalam kangkung yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi, harganya yang murah membuat sayuran satu ini makin banyak diminati. 

Kira-kira apa saja khasiat dari kangkung? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya. 

1. Membantu Mencegah Diabetes

American Diabetes Association merekomendasikan kangkung sebagai salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi, karena berperan penting dalam mengurangi risiko timbulnya penyakit diabetes yang disebabkan oleh adanya kandungan serat serta antioksidan yang tinggi. 

Sebuah penelitian dari Journal of Chiropractic Medicine menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi serat makanan dalam jumlah tinggi akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit diabetes tipe 2. Selain itu mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti kangkung juga dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Penelitian lain dari Indian Journal of Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa adanya kandungan antioksidan di dalam kangkung berupa vitamin C dan Alfa Linolenat Acid (ALA), berperan penting dalam mengurangi komplikasi yang terjadi pada penderita diabetes.

Baca Juga: Alamak! Disebut Jadi Pemicu Diabetes dan Kanker, Benarkah Telur Dadar Gak Baik untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta Nih?!

Baca Juga: Kata Siapa Sarapan Wajib Diskip? Ini 5 Menu Sehat untuk Penderita Diabetes, Nomor 1 Bikin Aman dan Kenyang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.