Salah satu masalah yang dapat menganggu aktivitas adalah Buang Air Besar (BAB) yang gak lancar. Masalah ini bisa kamu atasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat.

Pasti kamu sudah tahu kan kalau kesulitan BAB menjadi penyakit yang sering dijumpai di masyarakat? Meskipun begutu kamu gak boleh menyepelekannya ya! Sulit BAB juga bisa membuat tubuhmu gak nyaman loh sehingga dapat menganggu aktivitas.

Sulit BAB disebut juga sembelit atau nama ilmiahnya adalah konstipasi. Studi menunjukkan sembelit mempengaharui 20 persen populasi, dengan hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan buang air besar.

Faktor utama dari masalah ini adalah gaya hidup yang kurang sehat. Seperti kurangnya kandungan serat didalam tubuh. Selain itu penyebab lainnya adalab penurunan gerakan makan, diet rendah serat, penuaan, dan kurang aktivitas fisik. Waduh penyebabnya pun sepele ya!

Ternyata, sulit BAB dapat memicu sakit perut dan perut kembung loh. Duh gak nyaman banget ya? Hal ini disebabkan karena pergerakan usus yang lambat, sehingga fases mengalir lebih lama untuk mencapai ke anus. Hal ini membuat fases jadi kering, lebih padar, dan butuh dorongan ekstra untuk keluar dari tubuh.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Kentut yang Bau karena Bisa Menyebabkan Hal Ini

Oleh karena itu kamu harus mengonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk mengatasinya. Dilansir dari berbagai sumber (15/02/2021) berikut makanan yang dapat mengatasi masalah BAB gak lancar: