Beauty, pastinya kamu udah enggak asing mendengar nama jojoba oil bukan? Jojoba oil atau minyak jojoba sering banget nih disebut-sebut dalam kandungan skincare atau make up sekali pun. Katanya sih, minyak jojoba ini ampuh banget lho buat mengusir jerawat. Enggak cuma mengusir jerawat aja, banyak manfaat lain dari minyak jojoba untuk kecantikan kulit wajah.

Minyak ini berasal dari tanaman jojoba yang tumbuh di Amerika Utara. Banyak orang yang menggunakan minyak jojoba sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit mereka. Minyak jojoba juga dipercaya dapat mengobati kulit berjerawat, kulit kering, dan masalah kulit wajah lainnya.

Baca Juga: Bekas Jerawat Bikin Ganggu? Begini Lho Cara Memudarkannya!

Beauty, kamu penasaran dengan manfaat lain dari minyak yang satu ini? Melansir dari laman Healthline, Selasa (24/3/2020), simak terus ulasan berikut ya!

Melembabkan kulit

Minyak jojoba dipercaya dapat melembabkan kulit. Secara efektif, minyak jojoba dapat melindungi kulit dan membuatnya tetap lembab sepanjang hari. Hal ini juga dapat membantu mencegah infeksi bakteri, komedo, dan juga jerawat pada wajah.

Antibakteri

Minyak jojoba mengandung sifat antimikroba dan antijamur. Hasil tes lab dari suatu penelitian menemukan kalau minyak jojoba tidak membunuh semua spesies bakteri atau jamur. Minyak jojoba hanya membunuh bakteri dan jamur tertentu yang dapat menyebabkan salmonella, infeksi E.coli, dan candida.

Antioksidan

Selain itu, minyak jojoba jugan mengandung vitamin E. Vitamin ini bekerja dengan kulit sebagai antioksidan. Ini artinya kalau minyak jojoba dapat membantu kulit melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan polutan dan racun setiap harinya.

Baca Juga: Bingung Cara Merawat Kulit Berjerawat? 5 Cara Ini Wajib Dicoba!

Baca Juga: Selain Wajah, Jerawat juga Bisa Muncul di Dada Lho! Ini Cara Mudah Mengatasinya

Non-comedogenic

Meskipun minyak jojoba merupakan zat botani, teksturnya mirip dengan minyak yang diproduksi oleh tubuh secara alami alias sebum. Sehingga kulitmu enggak dapat membedakannya.

Minyak jojoba dipercaya dapat menghilangkan komedo yang menyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Menenangkan kulit

Ketika diserap, minyak ini dapat menenangkan kulit yang sensitif. Kandungan dalam minyak jojoba enggak akan menimbulkan iritasi maupun reaksi alergi lainnya.

Mengontrol produksi sebum

Kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang ada di kulit dan persendian serta tulang rawan lainnya.

Semakin bertambahnya usia, kolagen akan semakin berkurang. Ini menjadi alasan mengapa struktur wajah akan berubah seiring bertambahnya usia. Sebuah studi menunjukkan, antioksidan pada minyak jojoba dapat meningkatkan sintesis kolagen.

Membantu mengobati jerawat

Manfaat lainnya ialah dapat mengobati jerawat yang bersarang pada wajah. Minyak jojoba memeiliki agen anti-inflamasi yang menenangkan, menyembuhkan, melembabkan, dan merupakan antimikroba alami. Hal ini menunjukkan kalau minyak jojoba dapat membantumu menghindari serta menyembuhkan jerawat.

Semoga bermanfaat!

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.