Menu

Sssttt... Gak Banyak yang Tahu, Ini 3 Manfaat Konsumsi Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh! Salah Satunya Cegah Alzheimer Lho Moms!

30 November 2023 23:55 WIB
Sssttt... Gak Banyak yang Tahu, Ini 3 Manfaat Konsumsi Jamur Kuping untuk Kesehatan Tubuh! Salah Satunya Cegah Alzheimer Lho Moms!

Cah Brokoli Jamur Kuping (Sumber/Selerasa)

HerStory, Jakarta —

Jamur hitam atau yang lebih dikenal sebagai jamur kuping adalah salah satu jamur yang sangat sering dikonsumsi masyarakat. Umumnya, jamur yang memiliki nama latin Auricularia polytricha ini tumbuh secara liar dan dibudidayakan di negara-negara yang beriklim tropis seperti di kawasan Asia Tenggara lho Beauty.

Selain memiliki citarasa yang tergolong enak, jamur yang memiliki bentuk seperti daun telinga ini juga diyakini memiliki banyak kandungan yang cukup menyehatkan bagi tubuh. Berikut 3 manfaat kesehatan dari mengonsumsi jamur kuping.

1. Dapat Mencegah Alzheimer

Salah satu manfaat luar biasa dari mengonsumsi jamur kuping adalah diyakini dapat mencegah munculnya penyakit Alzheimer. Melansir dari artikel dalam “International Journal of Medicinal Mushrooms”, beberapa jenis jamus seperti Shitake, Enoki dan Jamur kuping memiliki beberapa senyawa yang berperan menyehatkan sistem saraf otak dan mencegah kepikunan.

Jamur kuping memiliki kandungan nutrisi yang berperan mengambat perkembangan enzim beta side dalam tubuh. Enzim beta side sendiri merupakan senyawa yang bertanggungjawab dalam pelepasan beta-amyloid pepsida yang dapat memicu kepikunan dan Alzheimer pada orang-orang berusia lanjut.

Baca Juga: Pantas Laris Manis Jadi Menu MPASI! Ini 3 Manfaat Konsumsi Hati Ayam untuk Kesehatan Tubuh, Orangtua Juga Bisa Rasakan Khasiatnya Lho!

Baca Juga: Obat Kanker Ternyata Murah Meriah?! Ini 3 Khasiat Ajaib Tahu untuk Kesehatan Tubuh, Bisa BIkin Panjang Umur Lho Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.