Semua orang tahu bahwa sunscreen merupakan produk yang harus digunakan. Sunscreen berguna untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari yang berbahaya, tetapi bagaimana dengan rambut kita? Apakah rambut juga membutuhkan sunscreen untuk mejaga kesehatannya?

Dalam beberapa tahun terakhir, produk perawatan rambut yang mengklaim dapat melindungi rambut dari sinar matahari telah bermunculan di mana-mana. Biasanya merek-merek tersebut mengklaim dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari, mencegah kekeringan, kerapuhan, dan mengatasi rambut kusut. Tetapi apakah produk ini benar-benar berfungsi? Dan apakah kita benar-benar harus melindungi rambut kita dari sinar matahari?

Baca Juga: Survei: 97% Wanita Enggak Sadar Pentingnya Sunscreen

Menurut Laura Dyer, seorang stylist di Antonio Prieto Salon di New York, menjelaskan kepada huffpost bahwa matahari memang bisa membuat rambut rusak. Salah satunya adalah membuat kutikula rambut (lapisan luar) terbuka.

"Saat kultikula terbuka memungkinkan kelembaban dan bahkan melanin dihilangkan. Hasilnya adalah rambut kering, keriting, dan warna salon pudar (jika rambutmu diwarnai) atau warna alami yang lebih terang,” jelasnya.

Selain itu, Kirsten Klontz, seorang penata rambut juga mengungkap masalah lain yang terjadi pada rambut ketika sering terpapar sinar matahari. Menurutnya, rambut akan mudah rusak dan bercabang.

"Paparan sinar matahari memecah protein di rambut, yang menyebabkan kerusakan dan ujung bercabang. Sinar UVB mengoksidasi rambut dan memecah protein di rambut yang membuatnya tetap sehat,” tambahnya.

Baca Juga: Kulit Rentan Berjerawat? Ini Cara Pilih Sunscreen yang Tepat

Klontz juga mengatakan bahwa produk-produk yang mengandung SPF juga dapat bertindak sebagai tabir surya untuk kulit kepala, salah satu area yang sering diabaikan. Ia bahkan merekomendasikan penggunaan sunscreen spray pada rambut karena itu juga akan melindungi kulit kepala.

Dalam hal produk perlindungan UV untuk rambut, Dyer mengatakan bahwa penggunaan sunscreen dapat melapisi serat rambut untuk membelokkan sinar UV matahari. Sunscreen bisa mencegah rambut jadi kering dan membantu agar rambut enggak kusam.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.