Kadar kolesterol yang tinggi melibihi batas normal memang membahayakan bagu tubuh. Oleh karena itu, kamu segera mengatasinya.

Sebenarnya, kolesterol baik bagi tubuh dan memiliki peran dalam pembentukan hormon. Tetapi jika jumlah kadar kolesterol melebih 200 mg/dl dapat membahayakan tubuh.

Menurut Prof Barbara Thorand dari Pusat Penelitian Kesehatan Lingkungan Jerman di Neuherberg, semakin lama paparan terhadap kolesterol jahat di dalam darah akan menentukan tingginya risiko terkena jantung dan stroke. Dengan demikian, penting bagi kita untuk selalu melakukan kontrol rutin terhadap kadar kolesterol.

The American Heart Association merekomendasikan setiap orang dewasa untuk melakukan pengecekkan kolesterol rutin setiap 4–6 tahun, dimulai dari usia 20 tahun. Seiring dengan bertambahnya usia, angka kolesterol akan cenderung meningkat.

Umumnya, kolesterol tinggi disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang gak sehat. Maka, kamu bisa menurunkannya dengan menerapkam pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat.

Dilansir dari berbagai sumber (18/03/2021), berikut cara untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Gak Disadari? Untuk Mencegahnya, Kenali Yuk Penyebabnya!