Menu

Peringati Hari Kesehatan Dunia 2020, WHO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

07 April 2020 18:30 WIB
Peringati Hari Kesehatan Dunia 2020, WHO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Ilustrasi Jus Bayam (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Seiring berjalannya waktu, pandemi virus corona yang sedang terjadi di Indonesia kini semakin meningkat jumlah kasusnya. Hal tersebut yang mendorong pemerintah untuk membuat aturan #dirumahaja dan melakukan physical distancing.

Memperingati Hari Kesehatan Dunia (World Health Day) 2020, badan organinasi kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) mengajak masyarakat untuk membantu meringankan pekerjaan perawat sebagai garda depan dalam mengatasi virus corona. Bukan hanya dengan #dirumahaja tetapi juga jaga kesehatan.

Meski sedang berada di rumah saja, kita harus tetap menjaga kesehatan ya Beauty. Menjaga kesehatan enggak cuma dengan berolahraga, penting juga untuk konsumsi makanan bergizi dan menjaga pola makan yang sehat agar tubuh kita lebih sehat dan kuat.

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Dunia, Yuk Tetap Olahraga Meski #Dirumahaja!

Menurut Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, makanan segar adalah sumber asupan gizi yang terbaik; namun mengingat situasi di mana kita mungkin belum bisa bebas pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan pangan yang segar, maka makanan beku, siap saji dan kaleng bisa menjadi opsi. Hal utama yang harus kita lakukan adalah teliti dalam melihat sumber makanan tersebut.

Terdapat 5 hal yang perlu diingat dalam menyusun menu makanan sehari-hari yang dirangkum oleh Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD dalam pedoman ABCDE berikut:

  • Adequacy (kecukupan): Usahakan menu makanan mengandung cukup nutrisi penting untuk menjaga diet yang sehat. Jangan lupa bahwa gaya hidup sehat terdiri dari 70% asupan gizi dan 30% olahraga.

    Balance (keseimbangan): Terapkan pola makan yang seimbang dengan rekomendasi konsumsi 40-60% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 15-20% protein.
  • Calorie Control (kontrol kalori): Jaga jumlah kalori dalam menu makanan. Kurangi makanan yang minim nutrisi dan mengandung kalori berlebih.
  • Density of Nutrition (kepadatan gizi): Prioritaskan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan jauhi makanan yang kurang sehat.
  • a bit of Everything (variasi): Usahakan variasi dalam menu makanan sehari-hari.

Salah satu makanan bergizi yang enak dikonsumsi setiap hari adalah susu. Menurut Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, makanan segar adalah sumber makanan bergizi terbaik, termasuk susu dan produk olahan susu (produk susu). Jika memungkinkan, sebaiknya konsumsi susu segar. Namun, jika tidak memilih dan ingin memilih susu UHT misalnya, telitilah kandungan susu UHT tersebut dan yakinkan yang dibuat dari susu segar hasil pasteurisasi.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Sehat Ini, Untuk Jaga Kekebalan Tubuh Dari Virus Corona

Nah, sudah tahukan bagaimana tahapan dalam memilih makanan sehat. Jangan sampai #diamdirumah membuat tubuh jadi enggak produktif. Konsumsi makanan sehat juga bisa menjaga berat badan idealmu lho. Selamat mencoba Beauty!

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Selain Milkshake, Camilan Ini Bisa Bikin Kenyang Saat Sahur, Cocok untuk Pengganti Makanan Berat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.