Mencatat keuangan harian memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu harus selalu patuh dan tak lupa untuk mencatat alur pengeluaranmu tiap harinya di dalam sebuah buku atau media tulis lainnya.

Banyak yang bertanya, apakah mencatat keuangan harian itu diperlukan? Nyatanya, kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan dengan cara berkonsultasi dengan perencana keuangan ternama. 

Namun, tak banyak orang yang bisa mendapatkan privilege ini. Perencana keuangan juga bukan hal yang mudah untuk kamu sewa jasanya. 

Bagi orang-orang yang belum mampu untuk menyewa seorang perencana keuangan, mereka bisa sangat terbantu dengan perencanaan keuangan lewat diri sendiri ini. 

Cara yang mudah untuk memulai mengatur keuangan yaitu dengan mencatat transaksi pribadi (uang masuk dan uang keluar) setiap harinya. 

Baca Juga: Moms, Merasa Uang Cuma Numpang Lewat? Coba Atur Keuangan dengan Tips Ini Yuk!

Dilansir dari rekan sindikasi Herstory, Finansialku.com, ada pepatah yang mengatakan,  “Menurut kamu, siapakah orang yang paling peduli dengan keuanganmu?”

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas