Banyak wanita dan pria dewasa sangat mendambakan bentuk tubuh ideal. Mereka bakal melakukan apapun agar tubuh tetap terlihat langsing dan proporsional.

Salah satu cara yang dipercaya bisa membuat tubuh tetap tampil menarik adalah dengan berolahraga dan diet. Seiring dengan perkembangan zaman, diet yang dilakukan juga semakin beragam. 

Tapi apakah tubuh kurus dan langsing itu bisa menjadi bukti seseorang telah menjalankan hidup dengan baik dan sehat?

Mengutip dari berbagai sumber, (10/05/2021) sebenarnya untuk menentukan tubuh seseorang itu sehat atau tidak bergantung keseimbangan antara barat dan tinggi badannya atau yang dikenal dengan indeks masa tumbuh. Selain indeks masa tubuh, lingkar ukuran perutnya juga jadi penentu tubuh seseorang itu sehat atau enggak.

Lingkar perut ideal mereka yang berada di usia dewasa, untuk wanita kurang dari 80 sedangkan untuk pria kurang dari 90. Selain faktor itu, banyak hal yang bisa jadi tolak ukur apakah seseorang telah hidup sehat atau tidak.

Seperti pola makannya, aktivitasnya, waktu istirahatnya, apakah dia stres atau tidak dan kalau iya apakah bisa dikendalikan dengan baik atau tidak, lingkungannya bagaimana. Jadi faktor-faktor itu tak kalah penting untuk melihat apakah seseorang sudah hidup sehat apa belum.

Baca Juga: Wajib Waspada! Ini Bahaya Anemia pada Ibu Hamil

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas