Banyak orang yang memiliki masalah tidur, salah satunya kesulitan untuk tidur atau insomnia. Padahal, tidur sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Insomnia bukanlah hal yang menyenangkan dan justru akan membuatmu merasa lelah di siang hari akibat menurunnya kualitas tidur. Maka dari itu, kamu harus mengatasi masalah gangguan tidur tersebut.

Kebutuhan waktu tidur berbeda-beda tergantung usia. Semakin bertambahnya usia, kebutuhan tidur pun menjadi berkurang. Berikut ini waktu ideal yang disarankan berdasarkan usia. Catat, ya!

  1. Bayi usia 0-3 bulan: 14-17 jam per hari.
  2. Bayi usia 4-11 bulan: 12-15 jam per hari.
  3. Bayi usia 1-2 tahun: 11-14 jam per hari.
  4. Anak usia 3-5 tahun: 10-13 jam per hari.
  5. Anak usia 6-13 tahun: 9-11 jam per hari.
  6. Remaja usia 14-17 tahun: 8-10 jam per hari.
  7. Dewasa muda usia 18-25: 7-9 jam per hari.
  8. Dewasa usia 26-64 tahun: 7-9 jam per hari.
  9. Lansia uasia di atas 65 tahun: 7-8 jam per hari.

Meski waktu ideal memberi banyak manfaat untuk kesehatan, kadang masih ada sebagian orang yang enggak menerapkannya. Alasannya mulai dari pekerjaan, masalah keluarga, stres, dan lainnya.

Lantas, adakah cara mudah untuk mendapatkan tidur nyenyak dan berkualitas?

Baca Juga: 11 Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari, Ampuh! Catat Ya Moms

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas