Menu

Kolesterol Ambrol Tanpa Obat? Bisa Banget, Coba Lakukan Hal Ini Ya!

Riana Agustian
13 Oktober 2021 11:05 WIB
Kolesterol Ambrol Tanpa Obat? Bisa Banget, Coba Lakukan Hal Ini Ya!

Ilustrasi seorang wanita sedang konsumsi obat penurun kolesterol. (Freepik/kroshka__nastya)

HerStory, Bogor —

Beauty, kolesterol menjadi hal yang dikhawatirkan banyak orang belakangan ini.

Kolesterol tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, karena berisiko meningkatkan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, kurangnya aktivitas fisik, jarang berolahraga, obesitas, serta pola makan yang gak terkontrol menjadi penyebab seseorang mengidap kolesterol tinggi.

Karenanya, kamu harus mengetahui cara mengatasi kolesterol tinggi dan menjadikannya gaya hidup sehari-hari, ya Beauty.

Nah, selain menggunakan obat medis, ternyata ada beberapa cara alami untuk menurunkan kolesterol, lho.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Penasaran, kira-kira apa saja ya? Langsung saja, yuk cek di bawah ini!

1. Minum air hangat

Tahu gak, Beauty, satu atau dua gelas air hangat akan membantu proses pencernaan makanan berminyak dengan mudah. Selain itu rutin minum air hangat setiap hari juga dapat menjaga kesehatan hati, perut dan usus.

2. ‘Haram’ tidur setelah makan!

Ini juga penting, Beauty, usahakan setelah makan kasih jeda 2-3 jam sebelum tidur, ya!

Jika kamu langsung tidur setelah makan, lemak itu gak akan diproses menjadi energi dan tetap tersimpan sebagai lemak.

3. Jauhi makanan/minuman dingin setelah makan makanan berlemak

Mengkonsumsi es krim setelah makan makanan berlemak dapat memberikan efek buruk pada hati, perut dan usus.

4. Kontrol konsumsi gula

Bukan cuma lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa membuat kolesterol naik, lho. Jadi misalnya jika kamu ingin mengendalikan kolesterol dengan buah, maka hindari membuat jus dengan tambahan gula.

The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi gak lebih dari 100 kalori (25 gram) gula tambahan per hari untuk wanita dan anak-anak, dan tidak lebih dari 150 kalori (37,5 gram) per hari untuk pria.