Menu

Enggak Cuma Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Yuk Intip Manfaat Kesehatan Lain dari Ubi Jalar!

Nada Saffana
20 Mei 2020 15:30 WIB
Enggak Cuma Bisa Tingkatkan Imun Tubuh, Yuk Intip Manfaat Kesehatan Lain dari Ubi Jalar!

Ubi Jalar. (Pixabay/Daniel Albany)

HerStory, Jakarta —

Beauty, apakah kamu pecinta ubi jalar? Jika iya, kamu akan merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Diketahui bahwa ubi jalar mengandung banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu kandungan yang ada di dalam ubi jalar adalah antioksidan. Berfungsi untuk melindungi diri dari radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Nah, salah satu cara yang lezat dan sangat murah untuk mendapatkan nilai antioksidan harian yang dibutuhkan adalah menambahkan ubi jalar ke dalam makanan yang kamu konsumsi. Enggak hanya itu saja, ubi jalar juga memiliki beberapa manfaat lain untuk tubuh, berikut pemaparannya:

Baca Juga: Yuk Ketahui Manfaat Buah Semangka yang Mengandung 92% Air, Pas Banget Nih Lagi Bulan Puasa!

1. Bisa Melawan Penyakit Kanker

Manfaat pertama yang didapatkan dari konsumsi ubi jalar adalah bisa melawan penyakit kanker. Hal itu disebabkan karena berbagai jenis ubi jalar menawarkan kandungan antioksidan, seperti anthocyanin yang membantu melindungi terhadap jenis kanker tertentu. Antosianin sangat berlimpah di dalam ubi jalar ungu. Studi klinis menunjukkan bukti bahwa ubi jalar memperlambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, termasuk kanker usus dan kanker payudara.

2. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat kedua yang akan kamu dapatkan jika rajin mengonsumsi ubi jalar adalah meningkatkan kesehatan mata. Ya, kandungan di dalam ubi jalar sangat kaya akan beta-karoten, senyawa nabati yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini menciptakan reseptor pendeteksi cahaya di bagian mata. Sekitar 200 gram ubi jalar oranye panggang (dengan kulit) mengandung lebih dari tujuh kali jumlah beta-karoten rata-rata yang dibutuhkan orang dewasa setiap hari.

Baca Juga: Hidup Sehat dengan Rutin Minum Jus Bayam, Tuai 5 Manfaat Berikut!

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Antosianin dalam ubi jalar ungu dapat melindungi otak dengan mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan antioksidan bisa menurunkan risiko penyakit mental dan demensia sebanyak 13% lebih rendah.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Dua jenis serat, larut dan tidak larut, bekerja bersama untuk meningkatkan kesehatan usus dan itu ditemukan dalam ubi jalar. Beberapa jenis serat larut menyerap air dan melunakkan feses. Di sisi lain, serat yang tidak larut atau tidak kental tidak menyerap air dan menambahkan curah. Studi telah menemukan bahwa diet yang mengandung 20 hingga 33 gram serat per hari telah dikaitkan dengan risiko kanker usus yang lebih rendah dan pergerakan usus yang lebih teratur.

Baca Juga: Konsumsi Makanan Sehat Ini, Untuk Jaga Kekebalan Tubuh Dari Virus Corona

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ubi jalar yang berdaging oranye adalah salah satu sumber alami terkaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah tubuh menjadi Vitamin A seperti yang disebutkan sebelumnya. Kandungan ini sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir yang sehat, terutama di lapisan usus.

Nah itu dia beberapa manfaat ubi untuk tubuh. Tunggu apalagi, Beauty. Segera konsumsi ubi dan rasakan manfaatnya! Selamat mencoba.

Share Artikel: