Menu

Usai Lebaran, Kolesterol Makin Meningkat? Yuk Turunkan dengan 5 Asupan Buah-Buahan Ini!

30 Mei 2020 10:45 WIB
Usai Lebaran, Kolesterol Makin Meningkat? Yuk Turunkan dengan 5 Asupan Buah-Buahan Ini!

Seorang wanita sedang mengonsumsi buah-buahan. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Hai Beauty! Wah enggak kerasa ya..Lebaran sudah lewat seminggu. Coba diingat-ingat lagi, selama momen Lebaran kemarin makanan apa saja yang sudah kamu makan? Ketupat sayur, rendang, kue nastar, kastengel, apalagi? Eits, walaupun sudah banyak menu makanan yang kamu santap, kamu enggak boleh lupa untuk menjaga kesehatan lho! Salah satunya ialah dengan tetap mengontrol kolesterol lewat asupan makanan yang berimbang.

Ngomong-ngomong soal kolesterol, usai Lebaran mungkin banyak di antara kamu yang mengeluh dengan kadar kolesterol yang semakin meningkat. Kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Baca Juga: Aneka Manfaat dari Buah Bacang yang Bagus untuk Kesehatan, Apa Saja Ya?

Nah, buat kamu yang kolesterolnya udah 'kebablasan' gara-gara kalap makan di Hari Raya kemarin, yuk turuni dengan asupan makanan yang sehat, salah satunya dengan buah-buahan. Buah-buahan dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Penasaran dengan buah apa saja yang bisa menurunkan kolesterol di dalam tubuh? Merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/5/2020), berikut lima di antaranya:

Lemon

Lemon menjadi salah satu buah yang dipercaya menurunkan kolesterol. Lemon mengandung pektin, bioflavonoid, asam sitrat, vitamin A, B1, B2, C, dan juga kaya akan serat. Kandungan nutrisi ini selain mampu menurunkan kolesterol yang tinggi, juga dapat mengatasi radang tenggorokan, meredakan flu, sariawan, hingga demam.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa mencampurkan perasan lemon segar ke dalam air putih. Konsumsi secara rutin agar hasil lebih maksimal.

Anggur

Selanjutnya ialah Anggur, kandungan senyawa palifenol di dalamnya mampu mengurangi kerusakan sel yang terjadi. Anggur dipercaya mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) di dalam darah.

Baca Juga: Konsumsi Daging Ayam Secara Rutin! Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh...

Konsumsi satu hingga dua cangkir Anggur per hari mampu melindungi jaringan pembuluh darah dan mengurangi peradangan yang terjadi.

Alpukat

Buah yang memiliki tekstur lembut dan creamy ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol lho! Sama seperti Anggur, Alpukat mampu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat berkat sumber lemak tak jenuh tunggal dan kaya akan serat di dalamnya.

Apel

Apel merupakan salah satu sumber pektin terbaik, yang mana mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Buah yang satu ini juga mengandung antioksidan seperti polifenol. Kandungan ini dapat membantu menjaga kolesterol dari pengoksidasi, yakni suatu proses yang menyebabkan narteri menjadi tersumbat dan memicu serangan jantung.

Baca Juga: Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Tingkatkan Imun Tubuh, Yuk Kenali Buah Amla yang Memiliki Beragam Manfaat

Pisang

Terakhir ialah Pisang. Pisang dapat menurunkan kolesterol dengan cara membersihkan saluran pencernaan. Dengan demikian, kolesterol enggak akan menyumbat di dalam aliran darah dan juga arteri. Demi kesehatan pembuluh daran dan juga jantung, konsumsi Pisang setiap paginya ya, Beauty!

Baca Juga: Rentan Serang Wanita, Yuk Kenali Penyakit Kista! Penyebab hingga Jenisnya…

Baca Juga: Scalp Scrub: Enggak Cuma Wajah, Kulit Kepala Juga Butuh di Scrub Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.