Demensia adalah penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir. Kondisi ini berdampak pada gaya hidup, kemampuan bersosialisasi, hingga aktivitas sehari-hari pada penderitanya. Demensia itu disebabkan oleh rusaknya sel saraf dan hubungan antarsaraf pada otak.  

Perlu kamu tahu, demensia itu berbeda dengan pikun, ya. Kalau pikun perubahan kemampuan berpikir yang disebabkan oleh bertambahnya usia seseorang.

Baca Juga: Beauty, Jangan Berpikiran Negatif Terus Ya! Bisa Sebabkan Demensia Lho!

Gejala utama demensia adalah penurunan memori dan perubahan cara berpikir, sehingga tampak perubahan pada perilaku dan cara bicara. Gejala tersebut dapat memburuk seiring berjalannya waktu. 

Orang yang menderita demensia sulit didiagnosis karena gejalanya mirip dengan penyakit lain. Makanya, dokter perlu melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya. 

Baca Juga: Beauty, Apakah Kamu Pelupa? Bisa Jadi karena Kamu Lagi Stres! Ini Penjelasan Ahli

Gejala awal

Kamu perlu memeriksakan diri ke dokter jika sudah mengalami gejala-gejala  yang dicurigai sebagai gejala awal penyakit demensia. Yuk, simak baik-baik, ya!

  1. Mudah lupa
  2. Sulit mempelajari hal baru
  3. Sulit konsentrasi
  4. Sulit mengingat waktu dan tempat
  5. Suasana hati tak menentu
  6. Seringkali kehilangan benda karena lupa meletakannya
  7. Sulit menemukan kata yang tepat saat berbicara
  8. Enggak peduli dengan lingkungan sekitar
  9. Sering mengulang aktivitas yang sama tanpa disadari
  10. Sulit melakukan aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari.

Baca Juga: Sering Lupa? Coba Atasi dengan Rajin Konsumsi Seledri!

Faktor risiko

Terdapat faktor risiko yang dapat meningkatkan risiko demensia, yaitu pertambahan usia, adanya riwayat demensia dalam keluarga, serta gaya hiudp yang enggak baik. Gaya hidup enggak baik seperti apa sih? Ya, seperti pola makan yang enggak sehat, enggak rutin berolahraga, merokok, dan kecanduan alkohol.

Selain itu, ada beberapa penyakit yang juga berisiko menimbulkan demensia, seperti depresi, obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, dan lainnya. 

Semoga bermanfaat!