Menu

Ketahui Penyebab Diabetes Melitus, dari Keturunan hingga Gaya Hidup

Sri Handari
07 Desember 2021 23:41 WIB
Ketahui Penyebab Diabetes Melitus, dari Keturunan hingga Gaya Hidup

Ilustrasi Diabetes (Freepik.com/xb100)

HerStory, Jakarta —

Baca Juga: Diabetes melitus menjadi salah satu penyakit yang bisa mengancam jiwa, lho Beauty. Penyakit kronis ini mengganggu kemampuan tubuh dalam mengolah gula (glukosa) dalam darah menjadi energi. Nah, salah satu tanda kalau kamu mengidap diabetes yaitu ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. 

Mungkin kamu bertanya-tanya apa penyebab dari penyakit diabetes melitus ini. Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengidap penyakit ini, mulai dari faktor genetik hingga gangguan hormon insulin. Selain itu,  ada pula faktor risiko yang membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena penyakit ini. Apa saja faktor-faktor tersebut? Yuk simak jawaban berikut ini, Beauty.

Penyebab diabetes melitus yang perlu diwaspadai

Secara garis besar, diabetes melitus terjadi saat kadar gula (glukosa) dalam darah terlalu tinggi. Kondisi ini terjadi saat jumlah hormon insulin dalam tubuh tidak cukup untuk megubah glukosa mejadi energi, sehingga glukosa menetap di dalam darah.

Nah, berikut ini beberapa penyebab penyakit diabetes melitus yang perlu kamu waspadai.

1. Faktor genetik

Faktor genetik menjadi salah satu penyebab seseorang mengidap diabetes melitus. Itulah sebabnya diabetes sering disebut penyakit keturunan. Dilansir dari American Diabetes Association (7/12/2021), diabetes melitus tipe 2 memiliki hubungan yang sangat kuat dengan keturunan keluarga. Pasien diabetes tipe 1 pun meiliki risiko serupa, namun cenderung lebih kecil.

Halaman: