Beauty, apa kamu suka makan kacang? Banyak beberapa orang tidak menyukai mengonsumsi kacang lantaran akan membuat wajah menjadi berjerawat. Tapi, Beauty kamu tau enggak sih ternyata kacang juga dikenal bisa membantu menurunkan berat badan lho! Kacang sendiri bisa membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Faktanya dilansir dari Healthline, Rabu (10/6/2020) banyak penelitian observasional menunjukkan bahwa makan kacang dikaitkan dengan berat badan yang sehat dan tingkat obesitas lebih rendah. Berikut cara kacang bisa menurunkan berat badan:

Baca Juga: Benarkah Berhubungan Intim Bisa Mengatasi Migrain? Ini Kata Ahli!

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Chia Seed Ampuh Turunkan Berat Badan?

Baca Juga: Rendah Kalori, Benarkah Teh Hitam Efektif Turunkan Berat Badan?

Lemak sehat

Kacang kaya akan lemak sehat yang dikenal sebagai asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs) dan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA). Diet tinggi telah berkaitan dengan penurunan tingkat peradangan, obesitas dan kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Terlebih, makan kacang dikaitkan dengan risiko kenaikan berat badan jangka panjang yang lebih rendah. Beberapa peneliti berpendapat bahwa kandungan lemak tak jenuh yang tinggi di dalam kacang bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai energi.

Membuat kenyang lebih lama

Tak seperti makanan ringan yang tinggi karbohidrat, kacang kaya akan lemak, protein dan serat yang sehat. Sehingga kacang akan lebih lama untuk dicerna. Karena itulah, kacang akan membuat orang merasa kenyang lebih lama. Sebab, karbohidrat yang lebih cepat diserat ke dalam aliran darah bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang mengakibatkan seseorang mudah lapar.

Rendah kalori

Meskipun kacang tinggi kalori, tapi tubuh tidak mungkin menyerap semua kalori. Gigi yang bisa memecah kacang dalam ukuran kecil sebelum menelannya, membantu tubuh menyerap lebih sedikit kalori. Sementara sisanya akan diekskresikan melalui limbah. Hal itulah yang membantu seseorang menurunkan berat badan.