Di tengah pandemi virus corona memang aktivitas jadi terbatas. Salah satunya adalah untuk melakukan olahraga. Namun, seiring berjalannya waktu hingga memasuki masa New Normal ini, masyarakat sudah mulai terlihat kembali olahraga dengan memilih bersepeda.

Mengendarai sepeda, baik di dalam maupun di luar ruangan, merupakan pilihan olahraga terbaik untuk dilakukan di segala usia. Seperti kebanyakan aktivitas fisik, bersepeda juga dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Apa saja ya?

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga Lari, Bisa Tingkatkan Kesehatanmu Lho

1. Membangun Otot dan Tulang

Manfaat pertama dari bersepeda adalah dengan membangun otot dan tulang. Saat melewati jalan menanjak tubuh menggunakan otot di bahu, otot gluteus di bokong, paha depan. Lalu, saat jalan datar, tubuh menggunakan paha belakang di bagian belakang dan otot fleksor di pinggul. Hal itu akan membangun tulang yang sehat dan mencegah keropos tulang.

"Kegiatan perlawanan, seperti mendorong pedal, menarik otot, dan kemudian otot menarik tulang, yang meningkatkan kepadatan tulang," kata Dr. Clare Safran-Norton, seorang ahli terapi fisik di Brigham and Women's Hospital, Boston.

2. Menguatkan Fungsi Otak

Selain bisa menyehatkan otot, ternyata bersepeda juga bisa meningkatkan fungsi otak lho. Bukan tanpa alasan, hal tersebut sudah berdasarkan hasil penelitian.

"Sementara kita tahu bahwa bersepeda dapat memiliki efek positif pada penyakit kardiovaskular (jantung) dan diabetes, kami telah menemukan bahwa hal itu dapat membawa peningkatan dalam kognisi, fungsi otak, dan struktur otak," kata dr. Art Kramer dari University of Illinois.

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang dipimpin olehnya, bersepeda teratur dapat meningkatkan daya ingat dan keterampilan memecahkan masalah pada orang tua sebesar 15 hingga 20 persen.

Baca Juga: Olahraga Jadi Aktivitas Rutin saat Pandemi? Ingat Jangan Berlebihan Jika Tak Ingin Hal Ini Terjadi pada Tubuh...

3. Memperkuat Sendi

Bersepeda bisa jadi pilihan olahraga bagi para pasien radang sendi! Selain mendapatkan manfaat kesehatan jantung, bersepeda juga bisa meringankan stres pada sendi.

"Orang dengan osteoartritis atau rheumatoid arthritis yang menjadi tidak aktif karena rasa sakit sering mengalami masalah keseimbangan, sehingga mereka cenderung melukai diri sendiri dengan sepeda statis," kata terapis fisik Matthew Goodemote dari Community Physical Therapy & Wellness, New York.

Manfaat lain dari bersepeda dalam ruangan adalah kemudahan rutin yang tidak harus dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti cuaca yang mengganggu atau lalu lintas yang menghabiskan waktu.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Tentu saja, mengayuh sepeda merupakan hal yang bisa membuat relaks pikiran. Kegiatan ini juga dapat membantu meringankan gejala penyakit mental. Dalam sebuah studi tahun 2015, pemindaian MRI pasien skizofrenia mengungkapkan hubungan antara bersepeda yang dilakukan secara teratur dengan peningkatan konektivitas otak.

Baca Juga: Enggak Pakai Ribet! Jalan Santai Jadi Olahraga Terbaik saat Pandemi Corona, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

"Bagi saya, bersepeda menenangkan kecemasan saya," kata Kym Perfetto, pelatih selebriti dan instruktur utama di SoulCycle.

"Saya merasa selaras dengan tubuh dan lingkungan saya. Tetapi saya juga menggunakan bersepeda untuk berolahraga, yang secara ilmiah terbukti meningkatkan suasana hati, karena cardio meningkatkan serotonin dalam tubuh," sambungnya.