Menu

Bermula dari Garasi, Swan Kumarga Sukses Angkat Derajat Masakan Jawa Lewat Resto Dapur Solo

20 Desember 2021 21:05 WIB
Bermula dari Garasi, Swan Kumarga Sukses Angkat Derajat Masakan Jawa Lewat Resto Dapur Solo

Swandani Dewata Dewi Kumarga atau yang juga akrab disapa Ny. Swan Kumarga, Founder Dapur Solo. (Instagram/@nyonyaswan)

HerStory, Jakarta —

Beauty, siapa sangka ternyata usaha yang mulainya dibangun sederhana tapi diniati dengan baik, maka akan menghasilkan yang baik pula. Setidaknya itu yang dilalui Swandani Dewata Dewi Kumarga atau yang juga akrab disapa Ny. Swan Kumarga, Founder Dapur Solo ketika memulai usahanya.

Menilik sejarah awal usahanya sendiri, dulu Ny. Swan memulainya dengan berjualan rujak ulek dan jus buah di garasi rumahnya di tahun 1988. Kenapa rujak? Sederhana, karena dirinya suka makan rujak dan menurutnya tak butuh modal banyak untuk memulai usaha ini.

Dengan konsisten menghadirkan makanan khas Solo dan Jawa Tengah, akhirnya Ny. Swan berhasil membuat bisnis yang ia dirikan menjadi dikenal oleh banyak orang dari seluruh kalangan. Namun ternyata, Ny. Swan bahkan mengaku tak pernah membayangkan usaha yang dirintisnya sekitar 32 tahun silam bisa sesukses sekarang.

“Saya memulai usaha dulu hanya bermodalkan Rp 100 ribu. Saat itu, saya mulai di garasi bikin rujak. Saya memang hobi makan rujak. Memang waktu mendirikan usaha saya juga gak ada cita-cita untuk punya restoran banyak. Mengalir aja. Dari rujak, gado-gado, sampai akhirnya tahun 2016 kita bener-bener diajak bergabung untuk dibesarkan menjadi PT Eatwell untuk lebih memperluas Dapur Solo di mana-mana. Motivasi saya waktu mulai usaha itu sederhana, yakni untuk membantu roda ekonomi keluarga karena waktu itu suami saya bekerja tapi agak sakit-sakitan,” tutur Swan, saat sesi media session Peresmian Outlet Dapur Solo di Neo Solo Mall, Jakarta Barat, sebagaimana dihadiri HerStory, Senin (20/12/02021).

Dengan semangat dan kerja kerasnya, Dapur Solo yang dirintis Ny. Swan pun kini sudah memiliki 42 cabang di Jakarta dan sekitarnya. Imbasnya, nama Dapur Solo kian santer dikenal masyarakat, khususnya pecinta kuliner Jawa. Apa istimewanya ya?

Baca Juga: Inspiratif! Novia Nur Ismi Tetap Tampil Pede Meski Jerawat Penuhi Wajahnya

Baca Juga: Cerita Gadis Pengidap Leukimia: Berhasil Lawan Kanker Selama 4 Tahun, Ternyata Ini di Balik Kesembuhannya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: