Jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona terus bertambah. Namun, sudah banyak negara-negara yang menjalani kehidupan normal baru atau new normal. Meski begitu, para ilmuwan di seluruh dunia sedang mencari obat dan juga vaksin untuk membunuh virus corona ini.

Kini, National Health Service (NHS) mengumumkan persetujuannya mengenai penggunaan dexamethasone atau deksametason sebagai obat untuk pasien yang positif terinfeksi virus corona. Wah, obat seperti apa ya?

Baca Juga: Ahli Tak Yakin Ikan Salmon Bisa Tularkan Virus Corona, Ini Alasannya

Baca Juga: Penelitian: Virus Corona Mampu Menginfeksi Otak dan Mereplikasi Diri 10 Kali Lipat

Baca Juga: Universitas Airlangga Klaim Telah Menemukan Kombinasi Obat yang Efektif Atasi Virus Corona! Bener Enggak Ya?

Deksametason adalah obat generik yang telah terbukti mampu menurunkan risiko kematian pasien terpapar virus corona. Selain itu, deksametason juga dapat meringankan gejala pada pasien positif virus corona yang sebelumnya membutuhkan alat bantu oksigen.

Dilansir dari Express, Sekretaris Kesehatan, Matt Hancock mengatakan bahwa dirinya sangat senang karena bisa mengumumkan hasil uji klinis pertama yang berhasil bisa mengatasi pasien positif teriveksi virus corona. 

Namun, deksametason ini juga memiliki efek samping yang mungkin saja bisa terjadi. Efek samping seperti apa? Ya, kamu mungkin saja bisa mengalami masalah tidur, keringat berlebihan, perubahan suasana hati, jerawat, kulit kering, perubahan warna kulit, dan juga penipisan kulit. Tenang, enggak semua orang yang mengonsumsi deksametason akan mengalami efek samping. 

Sekadar kamu tahu, deksametason telah digunakan untuk mengobati pasien terpapar virus corona selama uji klinis di Universitas Oxford.