Meskipun aktivitas sudah mulai kembali normal, namun virus corona masih mengintai kesehatan. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kesehatan dalam keadaan yang maskimal. Jika tubuh sudah berada dalam kondisi yang prima, itu mungkin mengurangi risiko tubuh terinfeksi virus berbahaya seperti COVID-19.

Meningkatkan imun tubuh jadi salah satu cara yang efektif untuk mengindari diri dari infeksi corona selain, menjaga kebersihan dan memakai masker wajah. Nah, Berikut ini adalah daftar langkah mudah untuk meningkatkan imun tubuh demi terhindar dari penyakit:

Baca Juga: Bisa Turunkan Imun Tubuh, Ini Sederet Kesalahan yang Dilakukan Saat Karantina

Tidur yang cukup

Enggak perlu pakai cara ribet, untuk meningkatkan imun kamu bisa mulai dengan memiliki kualitas tidur yang cukup. Orang dewasa rata-rata membutuhkan 7 hingga 10 jam tidur. Untuk remaja biasanya membutuhkan 8 hingga 10 jam, dan hingga 14 untuk anak-anak kecil dan bayi.

Kualitas tidur yang buruk telah dikaitkan dengan risiko penyakit yang lebih tinggi, para peneliti terkemuka percaya bahwa tidur dan kekebalan tubuh sangat terkait erat. Tidur dalam waktu saat tubuh sakit membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dengan lebih efektif hingga membantu tubuh agar sembuh lebih cepat.

Konsumsi sayur dan buah

Makanan yang dikonsumsi juga penting untuk diperhatikan saat ingin meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu caranya adalah mengonsumsi sayur dan buah. Kamu bisa coba konsumsi brokoli, bayam, jahe sedangkan buah bisa coba konsumsi pepaya dan kiwi. Semua makanan nabati kaya akan antioksidan, vitamin C dan serat, dan makan lebih banyak membantu mengurangi risiko infeksi.

Makanan nabati murni mengandung serat dan memberi makan mikrobioma di usus, yang menampung bakteri usus sehat. Mikrobioma usus yang kuat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sambil membantu mencegah patogen (parasit) berbahaya memasuki tubuh melalui saluran pencernaan.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Imun Hingga Redakan Stres, Ini Sederet Manfaat Mandi Air Dingin untuk Tubuh

Konsumsi Lemak Sehat

Salah satu lemak sehat yang bisa dikonsumsi adalah lemak omega-3. Bukan tanpa sebab, lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya menjadi kunci utama untuk memerangi bakteri dan virus penyebab penyakit berbahaya. Lemak sehat ini dapat ditemukan di antara minyak zaitun, salmon, biji bunga matahari, biji chia, dan almond.

Olahraga

Olahraga ringan dapat meningkatkan kekebalan tubuh lho. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa satu sesi olahraga sedang dapat meningkatkan efektivitas vaksin pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jadi, melakukan olahraga ringan (2 jam dan 30 menit per minggu) membantu sel-sel kekebalan tubuh beregenerasi sesering mengurangi peradangan. Beberapa latihan yang dapat Anda lakukan termasuk jalan cepat, bersepeda dalam ruangan, dan jogging.

Baca Juga: Olahraga Bisa Tingkatkan Imun Tubuh? Ini Penjelasan Ahli

Jaga tubuh terhidrasi

Kurang minum air putih dapat membuat kepala jadi sakit dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, dan fungsi jantung dan ginjal. Hidrasi itu sendiri tidak menjamin perlindungan dari kuman dan virus tetapi dehidrasi dapat meningkatkan risiko tubuh jadi sakit. Air putih adalah pilihan terbaik jika kamu ingin tetap terhidrasi karena bebas dari kalori, zat tambahan, dan gula.

Untuk mengetahui bahwa kamu minum cukup air secara teratur per hari, amati warna air seni yang kamu keluarkan. Warna air seni harus berwarna kuning jernih.