Beauty, apakah di masa pandemi ini kamu jadi hobi gowes? Bersepeda memang jadi salah satu kegiatan yang banyak orang lakukan di masa transisi New Normal seperti sekarang ini. Namun, kamu tetap perlu waspada ya pasalnya virus corona masih mengintai kesehatan masyarakat di seluruh dunia.

Untuk itu, kamu harus ikuti protokol kesehatan yang berlaku ya! Jumat (19/6/2020) kemarin, protokol kesehatan dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum.

Baca Juga: Ingin Olahraga ke Luar Rumah? Dokter Reisa Peringatkan Hal ini

“Masyarakat harus melakukan perubahan pola hidup dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan yang baru agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan COVID-19," kata dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad., Menteri Kesehatan Republik Indonesia di keterangan tertulis, Jumat (19/6/2020).

Dalam putusan itu, Kemenkes mengimbau masyarakat untuk tetap menggunakan masker dan jaga jarak saat berolahraga di tempat umum agar menghindari penularan virus corona. Berikut ini aturan jaga jarak aman sesuai dengan protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh kemenkes:

Baca Juga: Ingin Pergi Belanja ke Pasar? Dokter Reisa Peringatkan Hal Ini

  1. Olahraga tanpa berpindah tempat atau olahraga yang dilakukan dengan posisi sejajar minimal 2 meter dengan orang lain.
  2. Jalan kaki dengan jarak kurang lebih 5 meter dengan orang di depannya.
  3. Berlari dengan jarak kurang lebih 10 meter dengan orang di depannya.
  4. Bersepeda dengan jarak kurang lebih 20 meter dengan orang di depannya.

Baca Juga: Sudah Mulai Masuk Kerja? Dokter Reisa Imbau Masyarakat untuk Bawa Bekal Makanan Sendiri

Nah itu dia aturan yang harus kamu patuhi, jangan lupa terapkan agar angka kasus corona di Tanah Air bisa menurun dan kita bisa beraktivitas normal kembali ya, Beauty!