Okra merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Belum banyak dibicarakan, sebenarnya sayur okra sangat bermanfaat untuk menghempaskan lemak jahat yang berhubungan dengan koleterol lho.

Kita semua tahu bahwa memiliki jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh bisa meningkatkan peluang untuk terkena penyakit jantung. Untungnya, Okra atau Abelmoschus esculentus, makanan super kaya nutrisi yang satu ini bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan risiko itu.

Baca Juga: Usai Lebaran, Kolesterol Makin Meningkat? Yuk Turunkan dengan 5 Asupan Buah-Buahan Ini!

Kolesterol tinggi terjadi ketika tubuh memiliki terlalu banyak zat lilin yang disebut kolesterol dalam darah. Itu dapat berbahaya jika dibiarkan karena meningkatkan risiko berbagai penyakit yang mengancam nyawa. Salah satu kondisi kesehatan semacam itu adalah penyakit jantung, yang biasanya terjadi ketika arteri atau suplai darah kita tersumbat atau terganggu oleh penumpukan zat lemak. Zat berlemak itu adalah kolesterol,

Untungnya, sesuatu yang sederhana seperti olahraga terus-menerus dan mempertahankan pola makan yang sehat dapat membantu mengurangi penumpukan kolesterol. Juga, ada banyak pilihan makanan sehat untuk dipilih. Salah satu makanan yang kaya nutrisi adalah okra, yang biasanya juga dikenal sebagai “jari wanita” karena tampilannya.

Murah, mudah didapat dan memiliki banyak manfaat, sayur okra dianggap sebagai makanan super. Selain itu, okra dapat dengan mudah menjaga kadar kolesterol di tubuh berkat zat tebal seperti gel yang disebut lendir, yang sebenarnya mengikat kolesterol selama pencernaan, memastikan bahwa tubuh dapat mengeluarkannya sebagai tinja dan tidak diserap ke dalam tubuh.

Baca Juga: Mampu Atasi Kolesterol Naik Saat Lebaran, Kamu Wajib Konsumsi Makanan Ini!

Melansir laman Medical Daily (22/6/2020), ada penelitian yang membuktikan proses penurunan kolesterol saat mengonsumsi sayur okra. Salah satu penelitian yang berlangsung selama delapan minggu membagi tikus menjadi tiga kelompok dan memberi makan mereka semua diet tinggi lemak yang mengandung 1 persen atau 2 persen bubuk okra atau diet tinggi lemak tanpa bubuk okra.

Baca Juga: Mampu Atasi Kolesterol Naik Saat Lebaran, Kamu Wajib Konsumsi Makanan Ini!

Temuan penelitian kemudian menunjukkan bahwa tikus yang diet okra menghilangkan lebih banyak kolesterol dalam feses mereka dibandingkan dengan mereka yang makan makanan yang berbeda. Karena itu, makan okra atau memasukkannya lebih banyak ke dalam diet rutin adalah salah satu cara ampuh untuk membantu menjaga kadar kolesterol secara keseluruhan.