Menu

Gak Cuma Enak Disantap! Ini 5 Manfaat Konsumsi Bawang Bombay, Bisa Kontrol Gula Darah Moms!

22 Maret 2022 08:25 WIB
Gak Cuma Enak Disantap! Ini 5 Manfaat Konsumsi Bawang Bombay, Bisa Kontrol Gula Darah Moms!

Bawang Bombay. (Google/Alodokter)

HerStory, Jakarta —

Bawang bombay seringkali dipakai dalam masakan dan sudah menjadi rempah untuk menjadi penyedap makanan. Selain bisa menambah kelezatan, ternyata bawang bombay memiliki memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mental lho!

Sebagian orang menggunakan bawang bombay ini kedalam beragam masakan mereka, dikarenakan adanya nutrisi yang tinggi dan juga dipercaya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nutrisi yang terdapat di dalam bawang bombay seperti serat, karbohidrat, serat, gula, garam, vitamin C, vitamin B6, kalium, asam folat dan juga berbagai macam atioksidan alami.

Merangkum dari alodokter.com, hellosehat.com dan halodoc.com, berikut ini 5 manfaat bawang bombay yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsinya:

1.  Menangkal Radikal Bebas

Terdapat kandungan senyawa antiradang dan juga antioksidan di dalam bawang bombay. Kandungan tersebut memiliki fungsi yang penting untukmu, antioksidan bisa membantu untuk meagkal adanya radikal bebas yang berlebih yang dapat menyebabkan kerusaka pada sel-sel yang masih sehat serta bisa memicu timbulnya beragam penyakit. Kamu bisa menemukan antioksidan ini pada lapisan terluar yang ada pada bawang bombay.

2.  Menjaga Mood

Folat yang terkadung di dalam bawang bombay, dipercaya dapat meredakan adanya gejala depresi. Adanya kandungan folat tersebut bisa membantu untuk mencegah terbentuknya homosistein, senyawa yang dapat mencegah darah dan juga zat gizi untuk sampai pada otak secara maksimal.

Dengan ditekannya produksi homositein, maka produksi zat kimia yang ada di otak dapat diproduksi dengan lancar. Zat kimia yang ada di otak meliputi dopamin, seritonin, dan juga norepinefrin. Ketika zat kimia yang ada di otak bisa diproduksi dengan lancar maka otak lebih maksimal dalam mengatur suasana hati, nafsu makan dan jua siklus tidur.

3.  Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tahukah kamu, bawang bombay dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebala tubuh atau imunitas, loh. bawang bombay memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan antiksidan yang terdapat dalam bawang bombay ini mampu melindungi tubuh dari adanya serangan radikal bebas sehingga kamu tak mudah terjangkit penyakit.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Cemas?

Baca Juga: Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza