Myasthenia gravis adalah gangguan neuromuscular yang ditandai dengan kelemahan dan kelelahan pada otot tubuh kita. Meskipun kelainan ini baru terlihat ketika kita sudah cukup dewasa, gangguan ini bisa menyerang usia berapapun. Penjelasan tersebut diungkapkan oleh National Organization for Rare Disorders (NORD).

Kemudian, gangguan ini hanya terjadi di beberapa otot tubuh saja, seperti mata (myasthenia gravis ocular) atau juga bisa meluas ke beberapa kelompok otot lainnya (myasthenia gravis umum). Kondisi ini merupakan gangguan yang terjadi pada saraf dan juga otot tubuh kita yang tergolong langka akibat kondisi autoimun penderitanya.

Gangguan ini bisa disebabkan oleh respons autoimun yaitu ketika kekebalan tubuh kita menyerang reseptor di sambungan neuromuskuler. Sambungan neuromuskuler merupakan area kontak antara ujung saraf da serat otot rangka.

Baca Juga: Deretan Manfaat Dengarkan Musik White Noise untuk Kesehatan!

Respon dari autoimun yang enggak normal tersebut akan menurunkan jumlah reseptor asetilkolin, menyebabkan transmisi saraf pada sambungan neuromusukuler tertentu gagal dan kontraksi otot menjadi lemah.