Menu

Gak Cuma Dirawat dari Luar, Ini 6 Makanan yang Bisa Bantu Cegah Rambut Rontok! Nomer 6 Enak Banget...

23 Juni 2022 09:25 WIB
Gak Cuma Dirawat dari Luar, Ini 6 Makanan yang Bisa Bantu Cegah Rambut Rontok! Nomer 6 Enak Banget...

Ilustrasi rambut rontok. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

kalau memiliki rambut rontok tentu saja bisa menurunkan kepercayaan diri apalagi di hadapan publik. Biasanya, kerontokan rambut akan diawali dengan penipisan rambut secara bertahap atau tiba-tiba. Disaat ini, penipisan bisa bersifat sementara atau bertahap.

Kerontokan rambut dipengaruhi oleh hormon Dihidrotestosteron (DHT) yang mirip dengan hormon testosteron. Tubuh  secara alami akan mengubah sekitar 5% testosteron menjadi DHT menggunakan enzim yang disebut 5-alpha reductase.

Nah beberapa jenis makanan dapat membantu memblokir produksi hormon DHT sehingga dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut. Mengutip dari laman Healthline.com, inilah 6 jenis makanan yang dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut:

1. Teh hijau

Teh populer yang berasal dari tanaman Camellia sinensis ini mengandung senyawa epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa tersebut berfungsi dalam mendukung pertumbuhan rambut serta melindungi folikel rambut dari kerusakan akibat hormon DHT.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung lemak jenis MCT (Medium - Chain Triglyceride) terutama dalam bentuk asam laurat. Kandungan pada minyak kelapa tersebut dinilai mampu menghambat produksi hormon DHT, sehingga dapat mencegah kerontokan rambut.

Baca Juga: Cegah Kebotakan, Ini 4 Makanan yang Bisa Hempas Rambut Rontok dan Perpanjang Rambut!

Baca Juga: Punya Rambut Rontok? Bisa Jadi Kamu Kekurangan Vitamin...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Azka Elfriza