Menu

Mata Kedutan Mengganggu? Waduh Ternyata Menurut Primbon Bisa Jadi Pertanda...

06 Agustus 2022 16:35 WIB
Mata Kedutan Mengganggu? Waduh Ternyata Menurut Primbon Bisa Jadi Pertanda...

Ilustrasi mata kedutan. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Pernah gak sih Beauty mengalami mata kedutan seolah merasa kaget namun tak bisa berhenti? Ternyata, kondisi mata kedutan entah di sebelah kiri ataupun kanan, kondisi ini bisa dibilang tak normal lho. Tentu saja kalau sudah terlalu sering terjadi, hal ini bisa mempengaruhi penglihatan kamu dan bahkan bisa menjadi pertanda akan sesuatu.

Bagaimana pandangan medis dan Primbon Jawa soal kondisi kedutan mata kiri ? Dilansir dari berbagai sumber, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Kedutan Mata?

Mata kedutan bisa tiba-tiba terjadi pada semua orang saat melakukan aktivitas. Mata mendadak berkedut atau berkedip. Kedutan mata atau myokymia adalah kontraksi otot kelopak mata yang tak disengaja dan berulang yang biasanya memengaruhi kelopak mata bagian bawah atau atas, bukan pada bola matanya.

Kedutan dapat terjadi dalam hitungan detik hingga menit, tergantung kondisinya. Kondisi ini memang biasanya tak serius meskipun mengganggu aktivitas. Ia seolah datang dan pergi tanpa pemicu yang dapat diidentifikasi. Adakalanya, aktivitas listrik pada otak membuat sel saraf mengirim sinyal ke otot dan membuat kejang sekitar mata.

Apa penyebab mata kedutan ? Beberapa orang mengalami kedutan lebih sering saat sedang stres, kurang tidur, minum terlalu banyak kafein, konsumsi alkohol, bekerja di depan layar monitor sepanjang hari, atau alergi debu. Kebiasaan mengenakan lensa kontak juga bisa memicu risiko kekeringan, iritasi, dan kedutan mata.

Menurut Lasik Plus, dalam primbon dan kepercayaan tahayul, arti dari kedutan mata kiri atas mengarah pada tanda bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dalam hidup kita.

Kondisi kedutan mata kiri atas juga bisa dianggap sebagai pertanda baik. Artinya, kebahagiaan akan datang dari harta benda atau bertemu saudara atau seseorang yang dicintai dan lama berpisah. Menurut pandangan medis dan sains, kondisi kedutan mata ini bisa dijelaskan secara ilmiah dan lebih mendasar.

Baca Juga: Es Krim Bikin Batuk Ternyata Mitos? Ini Lho Moms 5 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan Tubuh, Nomer 5 Bikin Kaget!

Baca Juga: Hindari! Yuk Mulai Bawa Wadah Sendiri, Ini Bahaya Paparan Mikroplastik dalam Pembungkus Makanan yang Perlu Diketahui!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.