Menu

Rugi Banget Kalau Gak Konsumsi! Ini 5 Manfaat Gula Palem yang Gak Banyak Orang Tahu, Tertarik Coba?

18 Agustus 2022 15:25 WIB
Rugi Banget Kalau Gak Konsumsi! Ini 5 Manfaat Gula Palem yang Gak Banyak Orang Tahu, Tertarik Coba?

Es Kopi Susu Gula Aren Literan (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Berbeda dari pemanis pada umumnya, gula aren adalah pemanis yang berasal dari tanaman palmae.

Aroma gula ini sangat khas dan bahkan memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho! Maka dari itu, gula ini bisa menjadi alternatif bagi pengidap diabetes atau orang yang ingin lebih memperhatikan kesehatan tubuhnya.

Bahkan, dalam proses pembuatannya, gula ini tak memiliki tambahan bahan kimia di dalamnya.

Merangkum informasi yang didapat dari webdm.com dan sehatq.com, berikut manfaat kesehatan dari gula palem. Simak yuk Moms!

1. Mengandung Karbohidrat

Dalam satu sendok makan gula palem memiliki kandungan 15 gram karbohidrat sebagai sumber energi, kalori sebesar 54, dan gula sebesar 15 gram.

2. Memiliki Kandungan Kalium

Kandungan kalium pada gula palem memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis sayuran hijau atau buah pisang. Gula palem dapat memenuhi 1% kebutuhan harian kalium hanya dengan mengkonsumsinya dalam takaran satu sendok teh.

Kalium berfungsi untuk sistem pencernaan, keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur sistem saraf, dan kontrasi otot. Konsumsi jumlah kalium yang sesuai juga dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.