Menu

Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini Manfaat Kesemek untuk Kesehatan Tubuh! Konon Penyakit Langsung Minggat Moms!

15 September 2022 11:30 WIB
Sering Dipandang Sebelah Mata, Ini Manfaat Kesemek untuk Kesehatan Tubuh! Konon Penyakit Langsung Minggat Moms!

Ilustrasi buah kesemek (Pexel / The Vegan Monster)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pernahkah kamu mendengar buah kesemek di Indonesia? Ternyata, buah yang termasuk ke wilayah subtropis ini masih sangat jarang ditemukan di Indonesia lho!

Dihimpun dari Suara.com-- jaringan HerStory.co.id, kesemek juga dikenal dengan sebuan buah kaki dalam Bahasa Inggris disebut pesimmonkaki, nama ilmiah dari buah kesemek itu sendiri adalah Diospyros kaki L Marga Diospyros memiliki sekitar 700 spesies tanaman namun hanya beberapa saja yang dibudidayakan komersial.

Bentuk buahnya bulat seperti tomat, saat muda kulitnya berwana hijau, dan akan berubah menjadi warna orange terang ketika sudah matang. 

Dicuplik dari laman Dinas Ketahan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat, Rabu, 14 September 2022, sebagain besar buah kesemek dihasilkan oleh negara-negara Asia Timur salah satunya Negara Cina. Cina merupakan penghasil buah kesemek terbesar di dunia.

Rasa dari buah kesemek sangat sepat jika kita memakannya secara lansung, rasa sepat itu sendiri dikarenakan kandungan tannin yang ada di dalam buah cukup tinggi. 

Namun kandungan tanin akan menurun seiring dengan proses kematangan buah, maka rasa sepat yang ada didalam buah kesemek juga akan berkurang. 

Dalam tradisi Indonesia ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa sepat pada buah kesemek yaitu direndam dengan larutan air kapur minimal 24 jam. Larutan air kapur ini meninggalkan serbuk putih mirip bedak pada kulit buah kesemek.

Baca Juga: Kamu Sering Berolahraga dalam Keadaan Perut Kosong? Kira-Kira Boleh Nggak Ya Kayak Gitu?

Baca Juga: YOUVIT Membuat Program Bertajuk #TunjukinPassionmu dengan Imunitas Maksimal untuk Mengisi Waktu selama di Rumah!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.