Menu

7 Camilan Alternatif untuk Si Kecil yang Sudah Kecanduan Makanan Manis, Wajib Dicoba Moms!

22 September 2022 06:10 WIB
7 Camilan Alternatif untuk Si Kecil yang Sudah Kecanduan Makanan Manis, Wajib Dicoba Moms!

Ilustrasi yoghurt. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tahukahh jika ketika anak mulai bertumbuh dan berkumbang, pada saat itu lah masa-masanya si kecil sangat menyukai makanan yang manis-masin. Hal itu jelas saja bisa jadi masalah karena terlalu tinggi mengonsumsi gula bisa jadi masalah besar untuk si kecil karena bisa berakibat pada kesehatannya.

Maka dari itu, dibandingkan untuk menyajikan manis untuk si kecil, lebih baik Moms memberikan makanan yang sehat saja.

Rekomendasi gula untuk anak

Ada beragam pemanis yang memang menyehatkan, misalnya madu (untuk anak di atas 1 tahun) dan sirup maple. Gula yang terkandung di dalam buah-buahan tergolong menyehatkan. Meskipun begitu porsinya juga tak bisa berlebihan.

Lantas, berapa konsumsi gula yang aman untuk anak?

Menurut data yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia, tubuh kita hanya membutuhkan gula kurang dari 10% total asupan energi atau setara dengan 50 gram gula per hari. Berikut rekomendasi gula harian yang dianjurkan berdasarkan kelompok umur:

  • Usia 3 tahun: 2-5 sendok teh
  • Usia 4-6 tahun: 2,5-6 sendok teh
  • Usia 7-12 tahun: 4-8 sendok teh
  • Lebih dari 13 tahun: 5-9 sendok teh

Sementara itu, anak-anak berusia di bawah 2 tahun tak disarankan untuk mengonsumsi gula disebabkan kebutuhan kalori yang masih rendah dibanding orang dewasa.

Dampak negatif konsumsi gula berlebihan bagi anak

Asupan gula berlebihan bisa berdampak negatif pada perkembangan anak, salah satunya dapat merusak otak dan liver anak. Berikut dampak lain yang bisa ditimbulkan jika anak mengonsumsi makanan dengan kadar gula berlebihan:

  • Malnutrisi
  • Konsumsi gula berlebihan dapat memicu alergi pada anak
  • Obesitas
  • Permasalahan kulit seperti ketombe, kulit kemerahan, jerawat bahkan peradangan
  • Kerusakan gigi
  • Diabetes tipe 2

Di samping itu, studi juga menunjukkan kebanyakan makanan manis turut berkontribusi pada kemampuan anak untuk belajar dan mengingat dengan baik. Makanan manis bahkan memicu hormon adrenalin dalam tubuh anak meningkat, sehingga anak cenderung hiperaktif.

Camilan sehat anak

Agar anak mau makan camilan sehat, Moms perlu mengolah makanan menjadi lebih menarik. Memang tak bisa instan, tapi Anda bisa lebih kreatif saat menyiapkankannya. Siasati juga dengan memberikan camilan sehat berikut ini:

1. Yoghurt

Yogurt bisa  menjadi pilihan camilan sehat anak bagi si kecil yang sulit menjauhi makanan manis. Makanan ini mengandung nutrisi esensial seperti protein dan kalsium yang penting untuk perkembangan tulang anak.

Menjadi menu populer untuk sarapan, yogurt mengandung bakteri baik yang menguntungkan sistem pencernaan. Moms bisa memilih yogurt tanpa rasa dan mencampurnya dengan potongan buah segar, seperti stroberi, anggur, apel, mangga serta ditambahkan dengan 1 sendok teh madu.

Baca Juga: Resep Bola Mie Kriuk, Cocok untuk Menu Camilan Anak di Siang Hari!

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Fruit Lolly, Camilan Segar yang Bisa Dinikmati Semua Keluarga

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab The Asian Parent.

Oleh: Ida Umy Rasyidah