Memiliki anak yang tumbuh dengan otak cerdas tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Maka dari itu, banyak hal yang dilakukan orang tua agar si kecil tumbuh dengan perkembangan otak yang baik. Salah satunya ialah lewat memberikan asupan makanan bernutrisi yang membantu perkembangan otak si kecil.

Sebuah penelitian melaporkan, dalam tiga tahun pertama kehidupan, otak si kecil bertambah iga kali lipat beratnya dan mengembangkan seribu koneksi saraf.

Dengan pertumbuhan yang cepat tersebut, sudah sepaptutnya pula memastikan si kecil mendapat asupan nutrisi terbaik. Karena nutrisi memainkan peran besar dalam perkembangan otak anak lho, Moms.

Berikut ini HerStory rangkum lima jenis makanan yang membantu meningkatkan kecerdasan otak si kecil, seperti disadur dari laman youbabyandi.com, Kamis (22/10/2020).

Air Susu Ibu (ASI)

Jenis makanan nomor satu ini dijamin jadi asupan favoritnya banyak orang sejak baru lahir. Apa lagi kalau bukan Air Susu Ibu alias ASI. ASI menjadi salah satu asupan yang membantu meningkatkan IQ si kecil lho, Moms.

ASI sangat tinggi akan lemak, yang membantu perkembangan otak. Komposisi ASI berubah selama menyusui. Susu bagian depan berwarna biru dan tinggi protein, sedangkan susu bagian belakang lebih berwarna krem dan kaya akan lemak.

Baca Juga: Waduh, Kebanyakan Makan Telur Bisa Buat Anak Alami Ini, Moms! Hati-hati, Ya..