Menu

8 Ragam Makanan Murah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung, Harganya Dijamin sehat untuk Dompet Moms!

30 September 2022 05:41 WIB
8 Ragam Makanan Murah yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung, Harganya Dijamin sehat untuk Dompet Moms!

Ilustrasi kesehatan jantung. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms mengonsumsi makanan jangan sampai asal ya, hal itu lantaran makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, maka dari itu Moms perlu mengonsumsi makanan makanan yang hanya bermanfaat pada kesehatan, terutama jantung untuk investasi jangka panjang.

Saat ini mungkin banyak orang abai akan kesehatan jantung, padahal kalau jantung sudah terkena penyakit, biaya yang dibutuhkan tak sedikit. Karena itu, memiliki jantung yang sehat adalah aset berharga untuk menghadapi kehidupan kedepannya.

Tak banyak yang tahu, menjaga kesehatan jantung dapat dimulai dari menjaga jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan sebagai sumber nutrisi berperan penting menjaga organ tubuh agar tetap berfungsi dengan baik, terutama jantung, yang perannya sangat vital yakni memompa darah  ke seluruh tubuh.

Pola makanan untuk jantung yang sehat itu mudah lho Moms. Bagaimanapun juga, mencegah tentu lebih baik dari pada mengobati. Nah, Moms, coba renungkan lagi, sudahkah kita memberikan makanan yang sehat untuk jantung kita? 

Berikut ini kami rangkum daftar makanan yang sehat untuk jantung dan sehat untuk dompet Moms.

8 Makanan yang Sehat untuk Jantung, Banyak Tersedia di Pasar Lokal

Berikut ini 10 makanan sehat untuk jantung mengutip dari Healthline, yang mudah ditemui dan diolah. 

1. Sayuran Berdaun Hijau

Dari semua bahan makanan, rasanya paling mudah menemukan sayuran hijau. Apalagi di negara tropis seperti Indonesia, Pilihan sayurannya beragam dan harganya juga terjangkau. Sayur bayam, kale, dan sawi dikenal kaya vitamin, mineral dan antioksidan. Lebih dari itu, sayuran ini adalah sumber vitamin K yang dapat melindungi arteri dan mencegah pembekuan darah.

Banyak penelitian yang menunjukkan kaitan antara meningkatkan konsumsi sayuran berdaun hijau dengan menurunnya peluang terkena serangan jantung hingga 16%. 

2. Biji-Bijian Utuh

Jenis biji-bijian yang umum ditemukan termasuk gandum utuh contohnya beras merah, beras hitam, sorgum, oat, gandum hitam, barley, soba, dan quinoa. Istilah whole grain sendiri merujuk pada biji-bijian yang masih mengandung seluruh bagian yang bisa dimakan dari biji tersebut, seperti kulitnya (bran), lembaga (germ), dan endosperm. 

Seluruh bagian dari biji-bijian ini bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh seperti misalnya serat, vitamin B, antioksidan, zat besi, tembaga, selenium, potasium, dan magnesium.

Dibandingkan dengan biji-bijian olahan, yang banyak kehilangan bagian kulit karena diproses sedemikian rupa,  biji-bijian utuh lebih tinggi seratnya. Konsumsi whole grain dapat membantu mengurangi kolesterol jahat  LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Berbagai penelitian menemukan bahwa memasukkan lebih banyak biji-bijian dalam makanan Moms dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Moms. Satu analisis dari 45 penelitian menyimpulkan bahwa makan tiga porsi biji-bijian setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 22% yang lebih rendah.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Peringati Hari Kesehatan Dunia 2020, WHO Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan dengan Konsumsi Makanan Sehat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di The Asian Parent

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan The Asian Parent. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Ida Umy Rasyidah