Menu

Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Makan yang Bisa Picu Insomnia! Nomor 1 Favorit Banyak Orang Nih!

20 Oktober 2022 16:40 WIB
Sering Disepelekan, Ini 6 Kebiasaan Makan yang Bisa Picu Insomnia! Nomor 1 Favorit Banyak Orang Nih!

Ilustrasi perempuan insomnia (Freepik.com/karlyukav)

3. Makan Makanan Pedas Sebelum Tidur

Tak ada yang salah dengan sesekali ngemil tengah malam. Tapi, untuk istirahat yang lebih baik, jangan makan makanan pedas karena dapat menyebabkan mulas kapan saja. Asam lambung lebih mudah naik ke kerongkongan, menyebabkan rasa sakit, sendawa asam, dan gangguan pencernaan GERD (penyakit refluks gastroesofagus). Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan GERD lebih mungkin melaporkan masalah tidur daripada orang biasa. 

4. Makan Terlalu Banyak Lemak Jenuh

Menurut penelitian tahun 2020, konsumsi lemak jenuh yang tinggi di siang hari menyebabkan kualitas tidur memburuk di malam hari. Orang dengan diet lemak jenuh yang lebih tinggi maka lebih cenderung sering terbangun di malam hari dan kurang tidur secara keseluruhan.

Untungnya, tak semua lemak akan mengacaukan istirahat kamu. Asam lemak omega-3 memiliki manfaat untuk membantu kamu tidur. Minyak kaya DHA dan EPA telah terbukti meningkatkan efisiensi tidur dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Untuk mendapatkan lebih banyak minyak bermanfaat ini, konsumsi biji rami, kenari, dan ikan berlemak seperti tuna dan salmon.

5. Makan Terlalu Banyak Karbohidrat Olahan

Diet tinggi karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan, penyakit jantung, diabetes, dan insomnia. Menurut sebuah penelitian besar tahun 2019, wanita yang lebih tua yang mengonsumsi karbohidrat olahan dalam jumlah tertinggi (roti putih, kue kering, dan pasta) lebih cenderung mengalami kesulitan untuk mendapatkan istirahat malam yang baik. Mereka juga lebih mungkin untuk mengembangkan insomnia baru pada tiga tahun tindak lanjut.

Penjelasan untuk hubungan antara karbohidrat olahan dan kurang tidur adalah jenis karbohidrat ini dengan cepat meningkatkan gula darah. Gula darah tinggi secara konsisten dikaitkan dengan gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia umum.

6. Tak Mendapatkan Nutrisi Tertentu Secara Cukup

Pil tidur terbaik adalah multivitamin. Ada interaksi yang menarik antara tidur yang sehat dan mikronutrien dalam makanan. Penelitian dari tahun 2019 menemukan bahwa orang dengan durasi tidur pendek memiliki asupan berbagai vitamin dan mineral yang lebih rendah dari biasanya, termasuk kalsium, vitamin D, vitamin K, dan magnesium. Demikian pula, sebuah studi tahun 2016 mengaitkan kurang tidur dengan kadar zat besi, seng, dan magnesium yang rendah.

Cara terbaik untuk memastikan kamu memenuhi target vitamin dan mineral harian kamu adalah dengan makan makanan yang sehat dan bervariasi, tetapi bicarakan dengan dokter kamu jika kamu merasa dapat menggunakan nutrisi tambahan dari suplemen.

Baca Juga: Gak Usah Pakai Obat Tidur, 3 Bahan Alami Ini Bisa Bikin Insomnia Kabur, Bukan Cuma Teh Chamomile Beauty!

Baca Juga: Gak Ribet, Ini Teknik Usir Insomnia yang Bikin Kamu Pulas Seketika

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza

Artikel Pilihan