Jus buah segar terbukti mengandung berbagai komponen yang baik bagi kesehatan tubuh. Jus buah mengandung vitamin, mineral, dan enzim-enzim alami, nutrisi di dalamnya juga mudah diserap ke dalam aliran darah.

Kamu mungkin beranggapan bahwa minum jus bisa di lakukan kapan saja. Namun, ternyata ada beberapa aturan dan pantangan yang perlu di hindari agar khasiat yang terkandung dalam jus buah tak hilang. Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/11/2020) simak aturannya.

1. Perhatikan kandungan gula dalam jus buah

Jus buah asli memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan antioksidan. Tapi yang jadi masalah, jus buah murni juga kaya akan kandungan gula dan kalori. Sebagai contoh, satu gelas jus apel murni mengandung gula yang setara dengan beberapa gulung kembang gula. Oleh karena itulah para pakar kesehatan dan ahli gizi menganjurkan kita agar mengonsumsi satu takar jus saja per satu hari.

2. Jus bukan pengganti makanan

Saat sedang diet atau untuk kesehatan, boleh saja mengganti makan malam dengan segelas jus. Tetapi, bukan berarti sarapan dan makan siang juga hanya dengan minum jus dengan maksud menurunkan berat badan. Kebutuhan nutrisi tetap harus dipenuhi dari makanan lain. Buah-buahan tak akan dapat memenuhi kebutuhan 1.800 kkal, jumlah minimum kalori yang harus dipenuhi dalam sehari. Akibatnya, kekebalan tubuh akan melemah. Walau berat badan mungkin dapat turun dengan drastis tetapi akan cepat naik saat makan dengan pola yang semula. Karena minum jus tak mengurangi lemak, hanya mengurangi air dalam tubuh.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit! Berikut Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh