Setiap orang selalu berpendapat bahwa makan sebelum tidur bukanlah kebiasaan yang baik. Hal ini dikarenakan akan membuat perut menjadi buncit serta berat badan naik.

Akan tetapi, ada pula yang beranggapan bahwa mengonsumsi cemilan sebelum tidur bisa membantu program diet. Hmm mana yang benar ya?

Pada dasarnya, makan sebelum tidur akan memperlambat proses metabolisme. Akibatnya saat tertidur kalori makanan akan disimpan sebagai lemak. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa tidur sebelum makan baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu menurunkan berat badan.

Akibat dua pernyataan yang berbeda ini masih banyak orang yang bingung apakah makan sebelum tidur benar-benar bisa meningkatkan berat badan.

Sebuah penelitian dari Northwestern University menemukan bahwa makan di malam hari dapat meningkatkan berat badan hingga dua kali lipat. Akan tetapi penelitian ini masih belum terbukti pada manusia karena mereka menggunakan tikus sebagai sample.

Jadi, pernyataan bahwa makan sebelum tidur akan mengakibatkan berat badan naik masih belum terbuktikan. Makan sebelum tidur juga tak mempengaruhi pencernaan sehingga tak perlu khawatir akan mengalami gangguan pencernaan.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Berbagai Risiko Penyakit! Berikut Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh