Meskipun belum terbukti secara jelas apakah makan sebelum tidur bisa menaikkan berat badan, tetapi kebiasaan ini bisa dibilang buruk jika sering mengonsumsi cemilan manis dan asin. Kebiasaan mengonsumsi cemilan manis dan asin ini bisa menjadi salah satu alasan berat badan bisa naik.

Di sisi lain, makan sebelum tidur juga bisa mengurangi berat badan. Berdasarkan studi pada sekelompok wanita yang mengidap obesitas, mereka mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi serat seperti sereal membuat mereka tak terlalu nafsu untuk makan di pagi hari sehingga menurunkan asupan kalorinya.

Baca Juga: Berapa Kenaikan Berat Badan yang Ideal pada Ibu Hamil?

Jadi, pada dasarnya faktor makanan yang kamu makan dan pola makan kamulah yang membuat berat badan jadi naik. Akan tetapi, ahli nutrisi lebih menyarankan untuk tidur setelah 2-3 jam setelah makan untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn atau kondisi GERD.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas