Menu

Catat! 4 Fakta dan Mitos Soal Makanan Ibu Hamil, Nomor 2 Bisa Fatal Kalau Terlewat!

14 November 2022 09:50 WIB
Catat! 4 Fakta dan Mitos Soal Makanan Ibu Hamil, Nomor 2 Bisa Fatal Kalau Terlewat!

Illustrasi Ibu Hamil Buka Puasa (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Hingga kini, di zaman yang sudah modern ini masih banyak sekali mitos tentang ibu hamil yangh tersebar dan menjadi doktrin serta menimbulkan ketakutan bagi para wanita. Padahal, hal-hal tersebut gak selamanya benar karena meski beberapa ada yang terbukti secara ilmiah, ada pula yang muncul dengan tak memiliki dasar.

Nah, diartikel kali ini kita akan membahas tentang apa saja fakta dan mitos seputar makanan pada ibu hamil, agar menjadi pedoman dalam menyaring berbagai informasi yang kita dapatkan dari orang-orang terdekat. Berikut empat diantaranya. Simak yuk Moms!

1. Ibu Hamil Dilarang Minum Kopi dan Teh

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral utama yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya anemia defisiensi zat besi serta pendarahan pada saat persalinan. Kopi dan teh memang dinilai menjadi salah satu faktor penghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh.

Melansir dari Healthline, bahwa kandungan kafein pada kopi dan teh akan mengikat sekitar 6 persen zat besi di dalam tubuh. Tetapi pemicu utama yang menjadi penghambat zat besi ini ternyata berasal dari tanin dan polifenol.

Oleh sebab itu ibu hamil perlu membatasi asupan kopi dan teh dan mengonsumsi suplemen zat besi untuk menjaga kadar hemoglobin di dalam darah tetap normal.

2. Ibu Hamil Dilarang Mengonsumsi Seafood

Beberapa jenis seafood memiliki kandungan merkuri yang tinggi, seperti swordfish, tuna mata besar, makarel, marlin, dan kerang hijau. Kandungan merkuri pada seafood ini sebenarnya tak terlalu berbahaya bagi orang dewasa, tetapi akan berdampak pada perkembangan otak dan sel saraf janin.

Oleh sebab itu ibu hamil perlu membatasi asupan seafood dan memilih jenis seafood yang memiliki kadar merkuri rendah, seperti ikan salmon, sarden, kembung, dan udang, seperti yang dikutip pada laman Mayo Clinic.

Ibu hamil juga perlu memperhatikan cara mengonsumsi seafood ini. Perhatikan tingkat kematangannya untuk mencegah infeksi cacing pita ataupun keracunan makanan dari logam berat yang mungkin terkandung pada seafood.

Baca Juga: Lagi Depresi? Atasi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Baca Juga: Dikenal Memiliki Segudang Manfaat, Ternyata Madu Berbahaya Dikonsumsi Ibu Hamil!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza