Menu

Digaji Rp35 Juta per Bulan, Terkuak Fantastinya Biaya Operasional Keluarga Ferdy Sambo! Bu PC Dijatah Bulanan Sampai Ratusan Juta, Hmm...

28 November 2022 16:10 WIB

Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo jalani rekonstruksi pembunuhan Brigadir J. (ANTARA FOTO/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Kondisi keuangan keluaraga Ferdy Sambo turut menjadi sorotan seiring dengan kasus pembunuhan Brigadir J. Belakangan, terkuak besaran biaya operasional keluarga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang menyentuh angka fantastis.

Sebelumnya, uang ratusan juta rupiah yang berada di rekening mendiang Brigadir J dan dipindahkan Bripka Ricky Rizal ke rekening miliknya sempat dibahas di dalam sudang lanjutan. Bripka Ricky Rizal menuturkan bila hal itu dilakukannya atas perintah Putri Candrawathi.

Di samping itu, Ferdy Sambo mengakui bila uang yang berada di dalam rekening kedua ajudannua adalah miliknya pribadi. Disebutnya, uang tersebut untuk biaya operasional keluarganya.

"Saya perlu jelaskan bahwa rekening Ricky dan Yosua bukan uang mereka, tapi uang saya. Untuk kebutuhan keluarga dan untuk operasional keluarga saya," kata Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022).

Putri Candrawathi, juga mengatakan bahwa rekening atas nama Brigadir J dan Bripka RR itu dibuat di Bank BNI Cabang Cibinong, Jawa Barat.

"Pembuatan rekening atas nama Yosua dan Ricky dibuat di cabang Cibinong karena saya adalah nasabah Cibinong,” kata Putri Candrawathi.

Dia menjelaskan, uang yang berada di rekening Brigadir J digunakan untuk keperluan rumah yang ada di Jakarta. Sedangkan kebutuhan rumah di Magelang, Jawa Tengah, ditempatkan di rekening Bripka RR.

Di sisi lain, dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan terhadap Brigadir J pada Senin, (21/11/2022), saksi Anita Amalia Dwi Agustina, selaku pegawai Bank BNI Cabang Cibinong, mengungkap, uang Rp 200 juta dari rekening Brigadir J berpindah ke rekening Ricky Rizal.

Sedangkan dalam sidang pada Selasa, (22/11/2022), Amalia mengatakab, ada catatan setoran di rekening Ricky Rizal senilai Rp450 juta pada 28 April 2022.

Putri Candrawathi Dijatah Rp600 juta per bulan

Di samping itu, terkuak pula jatah bulanan Putri Candrawathi yang menyentuh angka Rp600 juta setiap bulannya. Bila dikaitkan dengan gaji yang diterima Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam Polri, ia hanya mendapat gaji Rp35 juta per bulan.

Hal tersebut turut disinggung oleh kuasa hukum Keluarga Brigadir J, Martin Simanjuntak. Martin menilai ada yang janggal dengan kekayaan yang dimiliki Ferdy Sambo.

Di mana setiap bulannya, Ferdy Sambo memiliki pengeluaran untuk tiga 'dapur' rumahnya dengan nominal masing-masing Rp200 juta.

"Sebagai contoh bagaimana orang ini bisa memberikan uang kepada ajudan, menurut versi Sambo untuk tiga dapur dan masing-masing Rp 200 juta. Sedangkan dia pendapatannya yang kita tahu hanya Rp 35 juta," ujar Martin seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Senin (28/11/2022).

Martin khawatir dengan kekayaan yang dimiliki Ferdy Sambo membuat persidangam terganggu. Bukan hanya bisa mengendalikan persidangam dengan harta kekayaan yang dimilikinya, Martin juga khawator akan pengaruh Ferdy Sambo di jaringan kepolisian yang sudah tersebar luas saat menjabat sebagai Kadiv Propam Polri.

"Saya yakin sampai saat ini yang bersangkutan masih memiliki kuncian manakala dalam pekerjaan mungkin saja yang bersangkutan memiliki kartu-kartu truf tertentu yang mungkin saja dicatat dalam buku hitam yang dibawa oleh Ferdy Sambo," tukas Martin.