Menu

Penderita Asam Lambung Pantang Makan Bawang Putih, Ini Dampaknya Beauty!

08 Mei 2023 13:25 WIB

Bawang Putih (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, mungkin beberapa dari kita tahu bahwa penderita asam lambung sebaiknya menghindari bawang putih.

Biasanya asam lambung terjadi ketika asam dari lambung mengalir naik ke kerongkongan. Kondisi tersebut bisa menyebabkan mulas hingga mengiritasi lapisan kerongkongan.

Bahkan beberapa makanan tertentu, seperti makanan berlemak dan pedas, jeruk, tomat, hingga bawang putih, dapat memicu gejala asam lambung lebih sering kambuh.

Meskipun bawang putih memiliki banyak manfaat kesehatan, umumnya dokter tak menganjurkan makan bawang putih jika kamu mengalami asam lambung.

Lantas, mengapa bawang putih sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung?

Mungkin kebanyakan orang bisa makan bawang putih tanpa mengalami efek samping. Namun, ketika Beauty menderita asam lambung, biasanya dokter menyarankan agar kamu menghindarinya karena bisa menyebabkan mulas.

Dilansir Healthline, terlepas dari apakah kamu adalah penderita asam lambung atau tidak, mengonsumsi bawang putih diketahui memberikan sejumlah efek samping ringan.

Beberapa di antaranya adalah, heartburn atau mulas, sakit perut, bau napas dan badan. Kemungkinan rasa mulas muncul saat kamu mengonsumsi bawang putih secara mentah.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi bawang putih juga bisa menyebabkan mual, pusing, dan kemerahan pada wajah.

Berikut cara meredakan gejala asam lambung dengan sederhana dilansir dari Harvard Health Publishing, Senin (8/5/2023).

1. Makan dalam porsi kecil dan perlahan

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan adalah ketika perut terisi sangat penuh.

Jika kamu menderita asam lambung, cobalah untuk mengonsumsi makanan dalam porsi kecil, namun lebih sering. Cara ini lebih baik daripada makan besar tiga kali sehari.

2. Hindari makanan tertentu

Jika kamu mengalami asam lambung, ada baiknya untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu seperti makanan berlemak atau pedas, cokelat, tomat, jeruk, termasuk bawang putih.

Kamu bisa mencoba mengurangi konsumsi makanan atau minuman tersebut, dan lihat apakah hal itu membantu mengontrol asam lambung kamu.

3. Hindari rokok dan minuman bersoda

Jika kamu merokok, maka segeralah berhenti. Nikotin diketahui dapat mengendurkan otot sfingter esofagus bagian bawah (LES). LES adalah pita otot melingkar yang terletak di antara kerongkongan dan perut.

Fungsinya untuk mencegah kandungan asam lambung berusaha naik ke kerongkongan. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman bersoda. Sebab, minuman bersoda bisa membuat kamu banyak bersendawa, yang dapat mengirimkan asam lambung ke kerongkongan.

4. Tetap tegak setelah makan

Pastikan tubuh kamu tetap tegak saat setelah makan. Saat berdiri atau bahkan duduk tegak, gravitasi dapat membantu menjaga asam lambung tetap berada di perut.

Selesaikan makan paling tidak tiga jam sebelum tidur. Kamu gak boleh tidur siang tepat setelah makan atau ngemil dan makan malam sebelum tidur.

5. Turunkan berat badan

Jika kamu mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, maka perlu menjalani diet atau menurunkan berat badan.

Berat badan yang berlebihan dapat mengurangi tekanan struktur otot yang menopang sfingter esofagus bagian bawah agar tetap tertutup. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik dan mulas.