Menu

9 Tips Ampuh Bikin Tidur Jadi Nyenyak saat Sedang Terkena Flu, Nomor Satu Gampang Banget

10 Juni 2023 21:30 WIB

Ilustrasi seorang wanita sedang terserang flu. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Hidung tersumbat adalah masalah kesehatan yang sering muncul, terutama ketika seseorang terkena flu. Ada banyak penyebab hidung mampet selain flu. Di antaranya salesma, alergi, atau infeksi sinus yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di dalam sinus.

Saat kondisi hidung tersumbat, rasanya enggak nyaman banget ya Beauty, apalagi saat hendak tidur. Kondisi hidung tersumbat membuat kita lebih sulit bernapas saat tidur.

Perlu kamu ketahui, hidung tersumbat yang menyebabkan kamu sulit tidur ternyata bukan disebabkan karena terlalu banyak lendir atau ingus di saluran hidung, lho!

Ternyata, hidung tersumbat merupakan akibat dari pembuluh darah yang meradang di sinus. Peradangan ini secara umum disebabkan oleh flu, alergi, pilek, rinitis (peradangan) benda asing, refluks asam lambung, sinusitis kronis dan polip hidung.

Selain sulit bernapas, orang yang mengalami hidung tersumbat juga dapat mengalami beberapa kondisi lain, seperti batuk, bersin, sakit kepala, hingga kehilangan kemampuan indra penciuman (anosmia).

Beauty, penasaran dengan tips tiur tetap nyenyak meski dalam keadaan sednag flu dan hidung tersumbat?! Kepoin di halaman selanjutnya yuk!


Cara agar tidur tetap nyenyak saat hidung tersumbat

Hidung tersumbat di malam hari adalah hal normal. Namun, ada beberapa cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk meredakan hidung tersumbat agar bisa tidur lebih nyenyak.

1. Sangga kepala dengan bantal tambahan

Posisi tidur terbaik saat hidung tersumbat adalah telentang dengan kepala diletakkan pada bantal. Ini akan mengurangi aliran darah ke kepala dan meningkatkan drainase sinus yang bergantung pada gravitasi.

2. Gunakan nasal strip

Alat ini dapat membantu memperlebar saluran hidung, membuat udara lebih mudah mengalir tanpa terhalang.

3. Mandi air hangat sebelum tidur

Agar tubuh lebih rileks dan dapat bernapas dengan nyaman.

4. Letakkan pelembap udara di kamar

Hal ini dapat mengurangi pengap dan memicu ingus mengalir keluar dari hidung.

5. Gunakan cairan saline atau NaCL untuk mencuci hidung

Kamu dapat membuat larutan ini dengan melarutkan garam dan soda kue di dalam air hangat. Kemudian tuang larutan ke dalam botol dan semprot ke hidung.

6. Minum banyak air putih

Tetap terhidrasi membantu menjaga saluran hidung tetap lembab dan mengurangi iritasi.

7. Hindari alkohol

konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur saat sedang pilek, dapat melebarkan pembuluh darah di hidung sehingga kamu akan merasa lebih pengap.

8. Minum obat flu

Jangan lupa minum obat flu yang dapat membantu meringankan beberapa masalah sekaligus, seperti hidung tersumbat, pilek, batuk, demam, dan nyeri.

9. Gunakan air purifier

Hal ini bermanfaat dalam menyaring virus dan bakteri, meringankan alergi akibat flu, hingga menghilangkan gas kimia berbahaya di udara.

Nah itu dia deretan tips yang bisa kamu lakukan agar tidur nyenyak meski sednag flu! Semoga bermanfaat!